IKLAN YARA

Kanwil Kemenkumham Riau Koordinasi Dengan Dewan Pimpinan Cabang PERADI Pekanbaru

oleh -127.489 views
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Sehubungan akan dilaksanakannya Verifikasi dan Akreditasi (Verasi) bagi Calon Pemberi Bantuan Hukum Periode Tahun Anggaran 2022 sampai dengan 2024 pada Tahun 2021 ini, Tim Pelaksana Bantuan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau yang dipimpin Kepala Bidang Hukum, Edison Manik, yang didampingi Kasubbid Luhkumbankum dan JDIH, Lusia Simanjuntak, beserta staf Bidang Hukum berkunjung ke Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Pekanbaru, Kamis (4/2/2021) kemarin.

Kunjungan Kepala Bidang Hukum bersama rombongan diterima langsung Ketua Dewan Pimpinan Cabang PERADI Pekanbaru, Yusril Sabri, dan didampingi Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PERADI Pekanbaru, Defrianda.

BACA JUGA :   Ketua PKB Batu Bara Bantu Pengurus NPC Ikut Pendidikan Classifier Disabilitas

Edison menyampaikan bahwa Tahun 2021 Kemenkumham akan melakukan verifikasi dan Akreditasi (verasi) terhadap Lembaga Bantuan Hukum sebagai Pemberi Bantuan Hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

“Kami mohon kerjasama dan dukungan PERADI untuk dapat menyampaikan dan menginformasikan kepada seluruh anggotanya agar ikut serta mendaftarkan sebagai Calon Pemberi Bantuan Hukum Periode Tahun 2022 sampai 2024 yang akan diselenggarakan oleh Kemenkumham khususnya di Kanwil Kemenkumham Riau,” sebut Edison.

BACA JUGA :   Polri Kirim 100 Resimen Vaksinator Covid-19 ke PON XX Papua

Tambahnya lagi, tentunya dengan melengkapi seluruh persyaratan dan melakukan pendaftaran pada tanggal 4 Maret 2021 sampai 26 Maret 2021 melalui aplikasi Verasi dalam situs www.sidbankum.bphn.go.id.

“Diharapkan melalui verasi ini akan ada organisasi bantuan hukum secara merata di setiap Kabupaten dan Kota se Provinsi Riau,” ucap Edison berharap.

Ketua PERADI Cabang Pekanbaru turut mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kanwil Kemenkumham Riau karena dapat memperoleh informasi secara jelas tahapan verasi terhadap Pemberi Bantuan Hukum pada tahun 2021 Ini.

Yusril menyampaikan bahwa saat ini ada 1600 anggota PERADI dan diharapkan ada yang lolos verifikasi dan Akreditasi Kemenkumham sebagai Pemberi Bantuan Hukum kepada Orang Miskin/Kelompok Orang Miskin karena bantuan hukum cuma-cuma merupakan tugas Advokat yang diatur juga dalam Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat yakni Probono.

BACA JUGA :   PAG Gelar Kunjungan Silaturahmi ke Denkesyah Lhokseumawe

“Kami berharap kiranya PERADI dan Kanwil Kemenkumham Riau dapat membuat kerjasama pelayanan hukum di Provinsi Riau baik dalam hal bantuan hukum maupun konsultasi hukum dan kegiatan Penyuluhan Hukum bersama,” sebut Yusril. *(mirza)