Badan Reintegrasi Aceh BRA: Ribuan Anak Korban Konflik Aceh Butuh Beasiswa Pendidikan

oleh -150.489 views
Ilustrasi beasiswa

IDUL FITRI

Banda Aceh I Realitas – Ribuan anak korban konflik Aceh membutuhkan beasiswa dari pemerintah untuk melanjutkan pendidikan. Jumlah itu merupakan data temuan Badan Reintegrasi Aceh di lapangan.

“Yang sudah kita input ada sekitar empat ribu untuk santri dan pendidikan S1 dan S2 sekitar 2.500 orang,” kata Kepala Badan Reintegrasi Aceh (BRA) Fakhrurrazi Yusuf, dilansir dari Antara, Selasa (2/2/2021).

Anak korban konflik terdiri dari anak mantan kombatan GAM, tahanan politik dan narapidana politik, serta warga sipil yang juga menjadi korban saat konflik Aceh silam.

BRA disebut tidak mempunyai anggaran untuk memberikan beasiswa kepada anak korban konflik itu.

BACA JUGA :   Kondisi Terkini Anang Hermansyah Usai Drop karena Batu Ginjal

Sehingga pihaknya berencana merekomendasikan calon penerima kepada lembaga terkait, semisal Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPDSM) Aceh.

Kepala BPSDM Aceh Syaridin menyatakan bahwa pihaknya segera membuat kerjasama dalam rangka merealisasikan program beasiswa anak korban konflik pada tahun anggaran 2021.

Beasiswa itu nantinya akan terbagi dua jenis, pertama untuk diploma bekerjasama dengan Politeknik Aceh, dan program sarjana.

“Kalau kita dapatkan ada anak korban konflik dengan kriteria yang memenuhi, maka dia sudah memenuhi persyaratan sebagai penerima beasiswa,” tutupnya. (*)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas