Program Kampung Tangguh Polsek Senapelan Ditetapkan Di Kelurahan Kampung Baru

oleh -102.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Sesuai kebijakan Commander Wish Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo M.Si dalam konsep Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkeadilan (Presisi) dengan terus meningkatkan soliditas dan kerjasama memberikan yang terbaik kepada Polri dengan mengabdikan diri kepada seluruh masyarakat, bangsa, dan negara.

Maka di masa pandemi saat ini, dukungan Polri dalam penanganan Covid-19 juga dimantapkan melalui Road Map Transformasi Polri dibidang operasional salah satu yakni meningkatkan kegiatan kepolisian dalam penanganan Covid-19 dengan menerapkan dan meningkatkan program kampung tangguh diwilayahnya.

Melalui kebijakan tersebut, jajaran Polsek Senapelan Polresta Pekanbaru berupaya menjalankan program tersebut dengan melaksanakan pembersihan lahan untuk dijadikan percontohan kampung tangguh diwilayah hukumnya.

Dalam hal ini, pada Sabtu (30/1/21) Pagi, puluhan personel anggota Polsek Senapelan yang bersinergi dan bekerja sama dengan pemerintah Kelurahan Kampung Baru serta personil Tagana Kota Pekanbaru melaksanakan bakti sosial gotong royong membersihkan lahan milik warga dilingkungan Kampung Baru Kecamatan Senapelan kota Pekanbaru.

BACA JUGA :   Kabareskrim: Ada Sanksi Hukuman Kepada Jajaran yang Tidak Menaati Surat Edaran Kapolri UU ITE

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Senapelan Kompol Dany Andhika Karya Gita mengatakan alasannya menetapkan Kelurahan Kampung Baru sebagai tempat pelaksanaan program kampung tangguh, dikarenakan minimnya ketersediaan lahan.

“Tepat berada dibelakang Kantor Kelurahan Kampung Baru ini akan kita kembangkan program kampung tangguh ini. Mengingat lahan yang akan kita bina ini sangat didukung oleh semua pihak, diantara pemerintah maupun masyarakat sekitar.

Kita juga berterimakasih kepada pemilik lahan yang telah bersedia mengizinkan sebagian tanah kosongnya untuk dimanfaatkan sebagai contoh program ketahanan pangan kampung tangguh,” ujar Kapolsek Senapelan.

Ia juga menyampaikan, setelah selesai membersihkan lahan tersebut nantinya akan dilakukan penanaman bibit beraneka ragam jenis sayur-sayuran yang hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat dilingkungan sekitar.

BACA JUGA :   Tegas ke Pelanggar Prokes, Polri Ganjar Satpam BRI di Makassar Penghargaan

“Menariknya di lahan ini kita juga akan membuat kolam untuk mengembangkan ternak ikan yang bibitnya mudah didapat seperti ikan lele, ikan mujair, dan ikan nila.

Sehingga hasilnya dapat dinikmati juga oleh seluruh warga,” urai Kapolsek Senapelan seraya mengatakan konsep kampung tangguh juga pernah dilakukan oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi dengan istilah Jaga Kampung.

“Kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat bersama-sama mendukung dan mensukseskan program kampung tangguh ini, dengan menjaga dan merawatnya,” tambahnya.

Mantan Kasat Reskrim Polres Dumai ini juga menyampaikan program kampung tangguh ini bertujuan untuk membangkit perekonomian dan mensejahterakan hidup masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang terjadi hingga saat ini.

BACA JUGA :   Nadiem Makarim : Dana BOS Untuk Wilayah 3T Boleh Digunakan Untuk Biaya Transportasi

“Pemanfaatan hasil dari program kampung tangguh ini dapat menambah pendapatan masyarakat, dengan cara menjualnya maupun dikonsumsi sendiri secara merata.

Harapannya masyarakat tidak perlu jauh-jauh berbelanja ke pasar untuk mencukupi kebutuhan, cukup bisa diambil disini,” tutup Kapolsek Senapelan

Adapun himbauan kepada masyarakat di seluruh kecamatan Senapelan, untuk bisa bersama-sama menjadi pionir dalam menjaga ketahanan pangan dengan cara memanfaatkan lahan sempit disekitar rumah untuk bercocok tanam seperti pola hidroponik dan konsep penataan lingkungan lainnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolsek Senapelan Kompol Dany Andhika Karya Gita, Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos, Ketua Tagan Kota Pekanbaru Helena Reza Putri, Ketua LPM Kelurahan, Ketua Forum RT/RW Kelurahan, Mahasiswa Stikes Maharatu, dan seluruh personil anggota Polsek Senapelan serta warga sekitar.*(Mirza)

UPDATE CORONA