Demokrat, Partai Republik Bertempur Untuk Menguasai Senat AS

oleh -321.579 views
Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell (R-KY), didampingi Sekretaris Transportasi AS Elaine Chao, mengadakan konferensi berita pasca pemilihan saat ia mendeklarasikan kemenangan, di Louisville, Kentucky, AS, 3 November 2020. REUTERS/Bryan Woolston

WASHINGTON I REALITAS Demokrat dan Partai Republik bertempur untuk menguasai Senat AS dalam lebih dari setengah lusin perlombaan yang diperjuangkan erat pada hari Rabu, 4/11/2020 karena Partai Republik mengadakan garis dalam beberapa kontes yang tampaknya diperebutkan hanya beberapa minggu yang lalu.

Meskipun disukai oleh para peramal untuk muncul dengan mayoritas Senat, Demokrat telah mengalahkan hanya Senator Republik Cory Gardner di Colorado saat hari pemilihan berakhir pada hari Selasa, kemenangan yang dengan cepat diimbangi dengan hilangnya Senator Demokrat Doug Jones di Alabama.

Tiga Partai Republik lainnya – Joni Ernst dari Iowa, Lindsey Graham dari South Carolina dan John Cornyn dari Texas – menangkis tantangan Demokrat, menurut jaringan dan Edison Research.

Partai Republik juga memegang kursi terbuka di Kansas, di mana Roger Marshall dari Partai Republik dinyatakan sebagai pemenang atas Demokrat Barbara Bollier.

Petahana Partai Republik Susan Collins dari Maine dan Thom Tillis dari North Carolina, yang telah lama dipandang rentan terhadap tantangan Demokrat, keduanya berada di depan dalam perlombaan dekat.

Demokrat Mark Kelly memiliki keunggulan besar atas Senator Republik Martha McSally dalam perlombaan Arizona bahwa Fox News sendirian dalam menyerukan Kelly.

Kampanye McSally menolak proyeksi itu sebagai prematur, mengatakan hanya sebagian hasil yang tersedia dari Maricopa County, yang mencakup Phoenix.

“Kami akan terus menunggu suara masuk. Balapan ini belum berakhir,” kata juru bicara McSally Caroline Anderegg dalam sebuah pernyataan.

Untuk memenangkan mayoritas di Senat, Demokrat perlu mengambil tiga kursi Partai Republik jika calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden terpilih sebagai presiden dan Senator Kamala Harris menggunakan suara pemecah dasi sebagai wakil presiden. Partai Republik sekarang memegang mayoritas 53-47.

Mayoritas Senat akan memberi Demokrat kendali Kongres untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Mereka diproyeksikan untuk menjaga kendali DPR 435 kursi.

Tetapi hasil pemilu Selasa menyarankan kontrol Senat mungkin tidak menjadi jelas untuk beberapa waktu, dengan hasil akhir dari sejumlah kontes kemungkinan tidak tersedia selama berhari-hari, dan setidaknya dalam satu kasus, bulan.

Salah satu dari dua ras Senat Georgia diproyeksikan untuk pergi ke limpasan Jan. 5 antara Senator Republik Kelly Loeffler dan Demokrat Raphael Warnock.

Gardner, seorang republikan jangka pertama yang lama dipandang sebagai petahana Senat partainya yang paling rentan, kalah dari Hickenlooper di negara bagian yang sebelumnya Republik di mana perubahan demografis semakin disukai Demokrat dalam beberapa tahun terakhir, menurut proyeksi oleh jaringan televisi dan Edison Research.

Jones, Demokrat yang paling rentan, kalah seperti yang diharapkan untuk penantang Tommy Tuberville di kubu Republik Alabama.

Graham, ketua Komite Kehakiman Senat, naik ke kemenangan setelah memimpin konfirmasi Senat dari Hakim Agung AS Amy Coney Barrett.

Cornyn dinyatakan sebagai pemenang melawan penantang M.J. Hegar dalam keadaan yang tampaknya melayang ke arah Demokrat. Pemimpin Mayoritas Senator Republik Mitch McConnell memenangkan pemilihan ulang di Kentucky, seperti yang diharapkan.

Semua mengatakan, 35 dari 100 kursi Senat naik untuk pemilihan.

Petahana Partai Republik jangka pertama juga menghadapi tantangan di Alaska, Montana, dan dalam perlombaan Senat Georgia kedua. Demokrat Gary Peters berada di pertahanan di Michigan.

KETERLAMBATAN YANG DIHARAPKAN DALAM HASIL

Hasil akhir dari kontestasi Maine empat arah di antara Collins, Demokrat Sara Gideon dan dua kandidat independen dapat ditunda selama 10 hari hingga dua minggu jika tidak ada kandidat yang memenangkan mayoritas langsung dan perlombaan dipaksa menjadi limpasan otomatis di bawah sistem pemungutan suara pilihan peringkat negara, menurut seorang pejabat pemilihan negara bagian.

Pemilih Maine dapat menempatkan kandidat dalam urutan preferensi. Tanpa pemenang yang jelas pada malam pemilihan, kontestasi akan memasuki serangkaian babak eliminasi di mana kandidat berperingkat lebih rendah putus sampai kemenangan muncul.

Di Michigan, di mana Peters bisa rentan terhadap kesal oleh John James dari Partai Republik, pejabat pemilihan negara bagian memperingatkan hasil akhir mungkin tidak tersedia sampai Jumat.

Hasil perlombaan ketat di Montana antara petahana Partai Republik Steve Daines dan Gubernur Steve Bullock mungkin tidak diketahui sampai Rabu, menurut pemilihan negara bagian dan pejabat Partai Demokrat. (*)

Sumber : Reuters