Selain Ilmu Agama, Para Da’i Di Riau Akan Diberikan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Sebelum Berdakwah

oleh -120.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Selain Ilmu Agama, Para Da’i Di Riau Akan Diberikan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Sebelum Berdakwah.

Mengacu pada ketentuan pemerintah dalam mempersiapkan para ulama, para mubaligh, dan para da’i dalam memberikan dakwah, Kementerian Agama RI berinisasi akan memberikan strategi khusus yaitu melaksanakan peningkatan kompetensi da’i.

REALITAS TV

Hal ini diutarakan langsung oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin MA diruang kerjanya pada Kamis (01/10/20) sembari menanggapi wacana ketentuan sertifikasi da’i yang akhirnya diganti dengan program peningkatan kompetensi da’i.

Dalam pelaksanaan nantinya, Mahyudin mengatakan untuk provinsi Riau telah ditentukan sebanyak 200 orang para da’i yang akan diberikan peningkatan kompetensi tersebut.

BACA JUGA :   Asisten II Pemkab Batu Bara Wakili Bupati Tinjau 3 Pasar

“Kita akan sampaikan kepada organisasi/lembaga agama Islam disetiap kabupaten/kota di provinsi Riau, agar dapat mengirimkan nama-nama da’i yang akan mengikuti pembekalan kompetensi ini.

Dan kita membagi waktu pelaksanaannya secara dua tahap, 100 orang da’i untuk pertama dan 100 orang da’i untuk selanjutnya,” Ujar Kakanwil Kemenag Riau.

Adapun menurut Mahyudin, para da’i yang akan mendapatkan pembekalan kompetensi tersebut disarankan para mubaligh pemula.

“Peningkatan kompetensi ini baiknya diberikan kepada para da’i yang masih baru, dengan demikian akan melatih kemampuan berdakwah dengan sesuai harapan kita, dan akan kita berikan sertifikat kelayakan berdakwah yang dikeluarkan oleh dari Kementerian Agama RI,” ujar Mahyudin seraya mengatakan dalam peningkatan kompetensi da’i akan mempelajari materi-materi tentang wawasan kebangsaan.

BACA JUGA :   Polda Aceh Pastikan Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Tetap Terapkan Prokes

“Jadi para da’i kedepannya tidak saja menguasai teknik menyampaikan dakwah dan menguasai ilmu-ilmu agama, tetapi harus memiliki wawasan kebangsaan,” tambahnya.

Pelaksanaan kegiatan pelaksanaan peningkatan kompetensi da’i tersebut, menurut Kakanwil Kemenag Riau dijadwalkan akan dilakukan pada bulan oktober tahun ini.

“Kita sebelumnya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah melalui lembaga-lembaga agama di kabupaten/kota, dan berharap para da’i yang akan ditunjuk untuk peningkatan kompetensi ini dapat dengan sebaik mungkin mengikuti dan memahaminya.

BACA JUGA :   Pemerintah PNG Selidiki Postingan Warganya Membela Kelompok Teroris OPM

Karena kita berharap juga dengan diberikan pembekalan ilmu ini para da’i lebih baik dan berkualitas dalam menyampaikan dakwahnya,” tutup Kakanwil Kemenag Riau Dr. H. Mahyudin MM.

Untuk diketahui, para da’i yang tidak mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi tersebut tetap bisa melakukan dakwahnya kapan saja kepada masyarakat disetiap Masjid maupun Musholla. *(Mirza)

UPDATE CORONA