Penegakkan Disiplin Di Kampung Baru, Lurah Bersama Tim Yustisi Turun Ke Jalan

oleh -145.489 views

IDUL FITRI

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Melalui kebijakan Walikota Pekanbaru DR. Firdaus MT dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran wabah Covid-19 di kota Pekanbaru, setiap wilayah kecamatan hingga ke tingkat kelurahan wajib menerapkan disiplin dan penegakkan hukum.

Mengacu pada Perwako No.130 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Perwako No.104 tahun 2020, pihak Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan pada Senin (26/10/20) Pagi melakukan penindakan yustisi dalam hal operasi penerapan disiplin dan penegakkan hukum terkait pelaksanaan protokol kesehatan untuk mengurangi resiko penularan wabah Covid-19.

Aksi tindakan tersebut dimulai dari ruas Jalan Kulim tepatnya di simpang Jalan Kuras, Camat Senapelan Fabillah Sandy SE, M.Ap didampingi Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos bersama tim yustisi yang beranggotakan personel TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, dan BPBD kota Pekanbaru langsung mendatangi para pemilik toko, ritel, BUMD, pedagang kaki lima dan masyarakat untuk menyampaikan himbauan penerapan protokol kesehatan agar wajib dipatuhi.

Selama pelaksanaan tersebut, Lurah Yeni mengatakan bahwasanya tim yustisi beserta rombongan terus melakukan sosialisasi mengajak masyarakat untuk terus menjaga kesehatan yang berpedoman dengan perilaku hidup baru menuju masyarakat yang produktif dan aman terhindar dari wabah Covid-19.

“Alhamdulillah, kita bersama rombongan tim yustisi tadi telah melakukan upaya sosialisasi dan tindakan dalam menekan angka penyebaran wabah Covid-19.

Untuk para pelaku usaha, kita himbau mereka untuk bisa menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan didepan pintu masuk, menjalankan pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo gun bagi para tamu maupun pengunjung, dan menempatkan tempat duduk dengan jarak minimal 1 meter,” ujar Lurah Yeni.

Selain itu, sanksi tegas juga dilakukan kepada masyarakat pengguna jalan serta warga setempat yang dijumpai tidak mematuhi anjuran pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan.

“Ada sebanyak 17 orang yang terjaring dalam penegakkan disiplin ini, dengan tegas kita langsung mengambil tindakan berupa menjalankan sanksi sosial dengan membersihkan selokan serta membersihkan perkarangan toko dan ruas jalan,” jelas Lurah Yeni.

Dalam situasi saat ini, Lurah Yeni mengharapkan kepada seluruh warganya agar dapat menjalankan konsep 4M yakni Menggunakan masker dimanapun tempatnya, Mencuci tangan dengan air mengalir, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan.

BACA JUGA :   Jalan Lampoh Bijeh Paya Bujok Seuleumak 'Bak Kubangan Kerbau' Warga Mengeluh

“Kita dari pemerintah juga akan bertugas menerapkan 3T yaitu Testing (pemeriksaan), Tracing (pelacakan), dan Treatment (pengobatan). Marilah kita berdo’a agar pandemi Covid-19 bisa kita lalui bersama,” tutup Lurah Yeni.

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Senapelan Fabillah Sandy SE, M.AP, Kapolsek Senapelan AKP Dany Andhika Karya Gita, S.I.K, M.H, Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos, Sekretaris kelurahan Kampung Baru Yasir Hidayat, babinsa, babinkamtibmas, Ketua LPMK Nazarudin Romo, dan Ketua Forum RT/RW Alfitri Alfa. *(Mirza)