Kompak, 1 Keluarga di Surabaya Jadi Pelaku Pencurian dengan Kekerasan

oleh -75.489 views

IDUL FITRI

SURABAYA I Realitas – Kompak, 1 Keluarga di Surabaya Jadi Pelaku Pencurian dengan Kekerasan.

Tiga pelaku pencurian dengan kekerasan dibekuk apara tPolsek Semampir, Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Dalam aksinya, ketiganya mencari korban melalui media sosial Facebook.

Ketiga pelaku yakni Rizky Maulana (21) dan istrinya Julia Ariska (23) keduanya merupakan warga Sawah Pulo, Surabaya. Selain itu ada juga Andy Siswanto (38) warga Jalan Setro Baru Utara IV Surabaya yang tak lain adalah ayah Julia.

Modus yang mereka lakukan yakni pelaku Julia menggunakan akun palsu di Facebook dan mengaku sebagai janda kesepian. Pelaku lantas mencari laki-laki sebagai korban.

Setelah berkenalan dengan korban, Julia bertukar nomor handphone. Mereka lantas berjani melakukan kopi darat di tempat yang sudah ditentukan.

Saat bertemu itulah, tersangka Rizky Maulana dan Andy Siswanto berpura-pura melabrak  dan menganiaya korban. Rizky menuduh korban telah merebut istrinya.

Saat korban tidak berkutik, pelaku merampas handphone dan meminta korban pergi.

Atas kejadian tersebut, korban melapor ke polisi. Petugas yang menerima laporan segera melakukan penyelidikan dan menangkap para tersangka.

Polisi memancing pelaku melalui akun Facebook untuk merancang pertemuan lagi. Saat bertemu itulah, polisi langsung meringkus ketiganya.

“Korban diajak ketemuan di lapangan. Bapak ikut saja,” kata Rizky Maulana.

Kanit Reskrim Polsek Semampir, Iptu Tritiko mengatakan, para pelaku sudah melakukan aksi serupa sebanyak tiga kali. Selain para pelaku, polisi menyita bukti berupa motor, handphone dan sebuah pisau yang digunakan untuk mengancam korban.

“Kami identifikasi pelaku yang merupakan satu komplotan ini. Istrinya ini diumpankan, yang chat sebenarnya suami ,” katanya, Rabu (16/9/2020).

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.(Dtc/Red)