PK KNPI Bireuen Gelar Donor Darah Bantu RSUD Bireuen, Ini Tujuannya

oleh -9.201 views
Sejumlah warga sedang melakukan donor darah di halaman kantor Camat Gandapura Bireuen yang dilaksanakan PK KNPI Gandapura bersama UTD RSUD Bireuen.

IDUL FITRI

Bireuen I Realitas – PK KNPI Bireuen Gelar Donor Darah Bantu RSUD Bireuen, Ini Tujuannya, Pengurus Kecamatan (PK) KNPI Gandapura Bireuen bersama tim Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Bireuen menggelar donor darah.

Kegiatan berlangsung Selasa (10/12/2019) di halaman Kantor Camat Gandapura Bireuen, “Donor darah yang digelar organisasi kepemudaan juga melibatkan Puskesmas Gandapura Bireuen,” kata Akhyar selaku ketua PK KNPI Gandapura.

Tujuan kegiatan ini untuk membantu UTD RSUD Bireuen yang sejak beberapa hari terakhir kekurangan persediaan darah.

“Persediaan darah di UTD semakin menipis maka kami pengurus KNPI Gandapura mengajak anggota PK KNPI dan
masyarakat untuk sama-sama melakukan donor darah.

Hasil donor darah disumbangkan kepada UTD RSUD Bireuen membantu orang yang membutuhkan,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan donor darah rutin dilakukan mereka tiga bulan atau empat bulan sekali.

Tjuannya melakukan sosialisasi perlunya donor darah menjaga kesehatan tubuh pendonor dan membantu pasien yang membutuhkan.

Kepala UTD RSUD Bireuen, Wardati SKM kepada, wartawan mengatakan, donor darah kerjasama dengan PK KNPI mendapatkan 20 kantong darah, adanya tambahan  persediaan darah dalam tiga atau empat hari ke depan dapat dikatakan memadai.

“Untuk tiga atau empat hari kedepan ada stok walaupun terbatas dan mengharapkan masyarakat dan lembaga serta kantor untuk melakukan donor darah, pihaknya siap melakukan tugas kemanusiaan,” ujarnya.

Wardati menambahkan, ajakan donor darah belum mendapatkan sambutan maksimal masyarakat, setiap hari membutuhkan minimal 50-60 kantong darah untuk pasien di berbagai rumah sakit di Bireuen belum lagi apabila seorang ibu yang melahirkan di rumah sakit membutuhkan darah banyak.

Wardati mengatakan, seorang ibu hamil yang melahirkan di rumah sakit membutuhkan minimal empat kantong darah, mengantisipasi kekurangan persediaan darah dan juga merupakan program nasional maka keluarga ibu hamil diharapkan membantu mendonor darah.

Permintaan kepada setiap keluarga yang anggotanya keluarganya akan melahirkan di rumah sakit semata-mata untuk memudahkan proses persalinan, setiap oang yang melahirkan membutuhkan darah minimal empat kantong.

“Umumnya setiap ibu yang melahirkan membutuhkan darah minimal empat kantong, kalau tidak ada keluarga yang mendonor darah dikhawatirkan kalang kabut saat mencari darah yang golongannya sama,” ujarnya. (Trb/Yudi)