10819 KALI DIBACA

OTT, KPK Temukan Rp200 Juta dari Kamar Bupati Lampung Utara Agung Mangkunegara

OTT, KPK Temukan Rp200 Juta dari Kamar Bupati Lampung Utara Agung Mangkunegara
example banner

JAKARTA I Realitas – Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di rumah dinas, Minggu (6/10/2019) malam terkait proyek di Dinas PUPR dan Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara. Dalam OTT tersebut KPK menyita Rp200 juta dari kamar politikus partai Nasdem itu.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan sumber uang Rp200 juta yang disita itu berasal dari rekanan di Kabupaten Lampung Utara Hendra Wijaya Saleh yang diserahkan kepada Wan Hendri selaku Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara sebesar Rp300 juta.

Kemudian Wan Hendri menyerahkan Rp240 juta kepada Raden Syahril yang merupakan orang kepercayaan Agung Ilmu Mankunegara. Selanjutnya Rp200 juta diserahkan kepada Agung Ilmu Mangkunegara.

“Dalam OTT ini, KPK menemukan barang bukti Rp200 juta sudah diserahkan ke AIM (Agung Ilmu Mangkunegara) kemudian diamankan dari kamar Bupati,” ujar Basaria dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019) malam.

Saat ini KPK telah menetapkan Agung Ilmu Mangkunegara sebagai tersangka. KPK juga menetapkan lima tersangka lainnya, yaitu Raden Syahril yang merupakan orang kepercayaan Agung Ilmu Mangkunegara serta Fria Apristama Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Lampung Utara.

Kemudian, Syahbuddin Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lampung Utara dan Wan Hendri Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara.

Agung Ilmu Mangkunegara, Raden Syahril, Fria Apristama, Syahbuddin dan Wan Hendri diduga sebagai penerima suap. Sedangkan dua tersangka lagi dari swasta, yaitu Chandra Safari dan Hendra Wijaya Saleh masing-masing diduga sebagai pemberi suap.(IN/Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS