30619 KALI DIBACA

Sosialisasi Pemilu Di Aceh Selatan, Tuna Netra Dan BTH Izinkan Bawa Pendamping

Sosialisasi Pemilu Di Aceh Selatan, Tuna Netra Dan BTH Izinkan Bawa Pendamping
Teks photo: Belasan wartawan Kabupaten Aceh Selatan, ikuti sosialiasi pendidikan pemilihan umum (Pemilu).

Tapaktuan | Realitas – Ketua Komosi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan, Saiful Bismi, SE menyatakan Tuna Netra dan Buta Huruh (BTH) dibenarkan bawa pendamping ke dalam pilih suara yaitu saudara yang bersangkutan.

Disana juga ditegaskannya, bagi pendamping jangan coba-coba bongkar rahasia apa yang di coblos Tuna Netra dan BTH.

“Bila terbongkar, pendamping akan mendapatkan sanksi pidana dua tahun penjara,” tegasnya.

Terkait dengan itu, disampaikan Ketua KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi, SE dan didampingi Komisaris Bidang Teknis, Yuslizar, ST, MT dalam pergelaran sosialisasi Pendidikan Pemilihan Umum (goes to community) tahun 2019, berlangsung Rabu (3/4/2019) warong Star Starlet Kopi jalan T. Ben Mahmud Tapaktuan.

Acara tersebut langsung dimotori oleh Komisoner KIP Aceh Selatan, diikuti oleh belasan wartawan dalam kabupaten tersebut, baik cetak, elektronik maupun online berlangsung sukses.

Belasan wartawan itu yang mengikuti acara sosialisasi pendidikan Pemilih untuk pemilihan umum tahun 2019, saling melemparkan pertanyaan dan kritikan demi kebaikan bersama menjelang Pileg dan Pilpres yang tinggal hitung hari saja.

Ketua KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi berharap kepada seluruh warga Kabupaten Aceh Selatan khususnya, sebelum menuju ke TPS, hendaknya belajar dahulu atau mengikuti sosialisasi yang diperagakan oleh PPS atau Relawan Demokrasi yang sudah direkrut oleh Komisioner KIP Aceh Selatan.

Terutama yang mengikuti pencoblosan, sebelum melakukan pencoblosan terlebih dahulu diperiksa kertas suara, bila ada terdapat surat suara yang rusak, tolong beritahu kepada petugas.

Apalagi pemilihan ini bukan satu lembar surat suara, bahkan sampai lima lembar surat suara, yakni surat suara calon DPRK, DPRA, DPR-RI, DPD dan surat suara calon Presiden RI, papar Ketua Komisioner KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi, SE, juga mantan koordinator LSM SOMASI itu.

Saiful juga menyampaikan, daftar pemilih tetap Kabupaten Aceh Selatan untuk pemilihan calon legislatif, calon DPD dan calon pemilihan presiden tahun 2019 berkisar 156.426 jiwa untuk lima dapil yaitu dapil satu mulai dari kecamatan Labuhaji Barat, Tengah dan Timur, 5 kursi untuk calon anggota DPRK dapil dua yaitu Meukek dan Sawang.

Kemudian 5 kursi untuk calon anggota DPRK, dapil tiga, Tapaktuan dan Samadua, 5 kursi untuk calon anggota DPRK, dapil empat Kluet Raya dengan 10 kursi calon anggota DPRK, dan dapil lima, Bakongan, Kota Bahagia, Bakotim, Trumon, Trumon Tengah, Trumon Timur, 5 kursi untuk calon anggota DPRK jelas Ketua Komisioner KIP Aceh Selatan, Saiful, SE.(Zulmas/iqbal)

Subscribe

MEDIA REALITAS