43219 KALI DIBACA

Jalan Negara Kawasan Aceh Selatan Terancam Putus

Jalan Negara Kawasan Aceh Selatan Terancam Putus
Teks Fhoto: Badan Jalan Negara Lintasan ABDYA-Medan Sumatera Utara terancam putus.
example banner

Tapaktuan | Realitas – Akibat kurangnya pengawasan badan jalan negara hubungan Aceh Barat Daya (ABDYA) Medan Sumatera Utara di kawasan Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan, sekarang hanya menunggu ambruknya badan jalan ke jurang pada pinggiran laut.

Menurut pantauan media ini, dalam tahun 2018 hingga 2019 beton pengaman badan jalan negara sudah amblas ke jurang yang terjal pada bibir pantai laut.

Namun untuk memperbaiki belum ada tanda-tanda.

Beberapa pengguna jalan tersebut baik dari warga Samadua, Harian Syahputra maupun warga Tapaktuan Yunardi, ikut menyaksikan tanggul pengaman badan jalan negara yang sudah lama ambruk itu, mengatakan kepada media ini, Senin (25/2/2019) mengakui jalan itu sudah cukup membahayakan bagi pengguna jalan tersebut.

Sambung Yunardi, yang ambruk kejurang itu bukan saja tanggul pengaman saja, tapi juga badan jalan sudah mulai ambruk dan kondisdi badan jalan itu sudah miring hanya menunggu ambruknya nya lagi, ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bila ini tidak titangani secepatnya, akan bisa berdampak bagi pengguna jalan, sehingga hubungan transportasi Blangpidie-Abdya)-Medan-Sumatera Utara dan sebaliknya, terputus total.

Apalagi yang melintasi jalan negara dipergunungan bukan pemakai jalan roda dua saja, tapi mobil roda empat, enam termasuk yang mobil belasan roda ikut melalui jalan tersebut, paparnya.

Yang melalui jalan itu siap harinya, bukan saja warga Aceh Selatan saja, tapi termasuk warga Aceh Barat, Nagan Raya dan Abdya.

Ia mengharapkan kepada pihak dinas PU Provinsi Aceh, untuk dapat dengan segera dilakukan penanganan yang serius, sebelum berakibat fatal bagi pengguna jalan.

“Bila badan jalan terputus total, akan berakibat perekonomian masyarakat akan tersendat,” ujar Yunardi.

Sementara hingga berita ini diterbitkan, belum berhasil menghubungi pihak PU Bina Marga Provinsi Aceh. (Zulmas/iqbal)
 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS