44019 KALI DIBACA

Badan Narkotika Nasional Musnahkan 2,6 Ton Sabu, 13 Juta Jiwa Terselamatkan

Badan Narkotika Nasional Musnahkan 2,6 Ton Sabu, 13 Juta Jiwa Terselamatkan

Jakarta I Realitas – Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan 2, 647 ton narkoba jenis sabu di Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat, Jumat (4/5/2018). Barang haram tersebut adalah sitaan BNN dengan Polri.

Narkoba yang disita itu terdiri dari 1,027 ton sitaan BNN dan 1,620 ton sitaan Polri.

Pemusnahan barang haram itu merupakan hasil operasi kasus berbeda di perairan Batam dan perairan Pulau Anambas, Kepulauan Riau.

Dalam acara hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI Oesman Sapta dan Kabulog RI Budi Waseso.

“Narkoba ini dapat menyelamatkan generasi muda kita lebih kurang 13 juta jiwa. Saat ini penyidikan sudah selesai,” kata Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko.

Komjen Pol Heru menjelaskan pengungkapan sabu di perairan Batam dilakukan pada 7 Februari 2018.

Petugas mengamankan empat Anak Buah Kapal (ABK) berkewarganegaraan Taiwan.

Sementara itu, pengungkapan kasus di Pulau Anambas dilakukan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dan Ditjen Bea Cukai pada 20 Februati 2018. Empat warga negara Tiongkok ditangkap polisi.

“Delapan tersangka diancam hukuman mati,” ujar Komjen Pol Heru.

Komjen Pol Heru menilai tindak pidana ini termasuk extra ordinary crime yang terorganisir dan lintas negara yang menjadi ancaman nyata bagi Indonesia.

BNN, sambung Komjen Pol Heru, melakukan pencegahan di antaranya menggunakan sistem baru yang sudah diterapkan di lembaga pemasyarakatan. Pencegahan juga dilakukan dengan mengantisipasi barang haram itu masuk ke Indonesia.

“Perlu diketahui lebih dari 80 persen narkoba produksi dari luar negeri,” pungkas Komjen Pol Heru. ( H A Muthallib )

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS