Zainal Arifin Harap MTQ Lahirkan Generasi Qurani

oleh -151.579 views

Banda Aceh I Realitas – Wakil Wali Kota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Bandaraya. Pembukaan event ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Zainal Arifin di halaman Meunasah Gampong Lhong Cut, Jum’at malam (13/4/2018).

“Kemarin Saya buka MTQ tingkat Kecamatan Meuraxa, Alhamdulillah malam ini sama-sama kita buka MTQ tingkat Kecamatan Bandaraya,” ujar Zainal Arifin yang akrab disapa Pak chek Zainal.

Zainal Arifin, dalam hal ini mewakili Pemerintah Kota menyambut baik setiap gelaran MTQ di Banda Aceh. Bahkan kami berharap MTQ juga digelar di level Gampong dengan peserta dari dusun-dusun.

BACA JUGA :  Ketua YARA Langsa Desak Kapolda Dan Ditreskrimsus Polda Aceh Tangkap Pemilik Tanah Minyak Ilegal Gampong Alur Canang

Menurutnya, event MTQ di Gampong-gampong akan mendorong masyarakat semakin mencintai Al-Quran. Anak-anak diyakini tergerak dan semakin rajin mempelajari Al-Quran, memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan semakin membuminya ayat-ayat Allah SWT hingga ke pelosok Gampong, maka Banda Aceh nantinya akan diisi oleh generasi-generasi Qur’ani. Karenanya, Zainal Arifin mengajak para orang tua aktif mendorong anak-anaknya mempelajari Al-Quran dan mendalami isi yang terkandung didalamnya.  “Kita harus bangga ketika anak kita pintar lebih mengaji daripada pintar menyanyi,” ujar Zainal Arifin.

“Saya sangat yakin Banda Aceh akan lebih makmur dan sejahtera kalau warganya dipenuhi oleh orang-orang yang mencintai Al-Quran,” tambah Zainal Arifin.

BACA JUGA :  M Nasir Djamil Anggota DRP RI Komisi III: Pusat Harus Serius Majukan Kuala Langsa

Camat Bandaraya yang juga ketua panitia MTQ dalam laporannya menyampaikan, MTQ tingkat Kecamatan Bandaraya diikuti oleh 58 Qari-Qariah utusan dari 10 Gampong.

MTQ ini memperlombakan sejumlah cabang, seperti tilawah kanak-kanak putra, tilawah remaja, tilawah dewasa, tartil, tahfidz 1 juz, tahfidz 5 juz, tahfidz 10 juz dan tafsir Bahasa Indonesia.

Para juara di MTQ Kecamatan ini nantinya akan dipanggil lagi mengikuti seleksi untuk dipilih sebagai Kafilah Bandaraya di MTQ tingkat Kota Banda Aceh. ( Sabri )