43819 KALI DIBACA

Polsek Sawangan Bersama Ditbinmas Polda Metro Jaya Gelar Pembinaan Siskamling

Polsek Sawangan Bersama Ditbinmas Polda Metro Jaya Gelar Pembinaan Siskamling

Depok I Realitas – Anggota Polsek Sawangan bekerjasama dengan Ditbinmas Polda Metro Jaya menggelar pembinaan Pamswakarsa atau Siskamling kepada warga Sawangan.

Dalam rangka menjaga lingkungan tetap aman dan kondusif, Kasie Binkamling Ditbinmas Polda Metro Jaya, Kompol Aryo Adji beserta Kanit Binmas Polsek Sawangan AKP Mariana dan unsur tiga pilar Kelurahan Duren Seribu, mengundang unsur lapisan masyarakat dari 37 RT dan 11 RW, tokoh masyarakat, agama, anggota Rapi dan Pokdar kamtibmas Polsek Sawangan diberikan pemahaman keamanan Pamswakarsa Siskamling.

Kegiatan pembinaan Pamswakarsa atau Siskamling ini, menurut Kompol Aryo Adji merupakan suatu bentuk upaya prepentif atau pencegahan dalam menanggulangi gangguan kamtibmas di lingkungan.

“Kita harapkan masyarakat mau menjadi polisi bagi dirinya untuk peduli terhadap keamanan lingkungan. Melalui kegiatan Pamswakarsa berupa menggalakkan Siskamling dalam mencegah berbagai kejahatan menjaga kamtibmas dari masalah radikalisme dan teroris juga,”ujar Kompol Aryo usai acara di aula kantor Kelurahan Duren Seribu, Jalan Arco Raya, Bojongsari, Kota Depok, Rabu (18/4/2018) malam.

Sementara itu Kanit Binmas Polsek Sawangan AKP Mariana mengungkapkan pentingnya siskamling dalam menjaga keamanan lingkungan. “Perlu ada kerjasama dengan masyarakat dan anggota polisi dalam upaya menjaga Harkamtibmas khususnya di lingkungan. Dengan siskamling, kita bisa menjaga kedekatan antar warga namun lingkungan menjadi aman,”tutup AKP Mariana.

Menanggapi kegiatan tersebut Lurah Duren Seribu Ade Ahyadi menambahkan untuk wilayah demografis Kelurahan Duren Seribu wilayahnya rata-rata penduduk mata pencarian tani dan ternak ikan. Untuk warga mayoritas Betawi ini kegiatan yang telah berjalan dan masih terus ditingkatkan kalangan tua maupun muda yaitu pengajian dan pengamanan lingkungan seperti siskamling.

“Kita mempunyai cara bagi masyarakat Duren Seribu yaitu Guyub, Kompak, dan Kebersamaan. Tidak hanya itu untuk soal kesadaran hukum pernah menjadi juara lantaran dalam penerapan siskamling cepat tanggap dan cepat reaksi juga memberikan solusi,” tambahnya.

Ketua Pokdarkamtibmas Polsek Sawangan Didi Mulyanto menambahkan sebagai mitra polri berjalan sinergi jika ada melakukan kegiatan operasi bersama.

“Anggota pokdarkamtibmas Polsek Sawangan siap membantu organik Polsek Sawangan dalam menjaga Harkamtibmas,” tutupnya.( iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS