Pengeboran Lepas Pantai Aceh Timur Tertutup Untuk Media

oleh -212.579 views

Aceh Timur I Realitas – Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Timur mengadakan  Sosialisasi kepada panglima laut terkait kegiatan Project Geophysical, yaitu Survei pengeboran lepas pantai Aceh Timur – PT. Pertamina Hulu Energi NSO (PHE NSO) akan melakukan Pengeboran Lepas pantai di kawasan Kabupaten Aceh Timur di tahun 2018 ini.

Adapun Pengeboran Lepas Pantai ini akan dilakukan di 3 titik yakni :
1. Koordinat Sumur R2, Lintang : 05° 41′ 15,06° N, Garis Bujur : 97° 59′ 17,85° E
2. Koordinat Sumur XLLL, Lintang : 05°42′ 20° N, Garis Bujur : 98°03′ 9,80° E.
3. Koordinat Sumur S2, Lintang : 05° 42′ 32,74° N, Garis Bujur : 98° 06′ 34,77° E.

Dengan jarak 4050 Mil dari garis pantai dan luas 340 Km² untuk kedalaman 100110 M, Menurut koordinator Lapangan PT. PHE NSO dalam acara Sosialisasi Projeck Geofhisical tingkat Panglima Laot di Aula Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Aceh Timur, Jum’at (02/03/2018).

Lebih lanjut Tajuddin menyampaikan bahwa, proyek pengeboran lepas pantai ini akan mulai dikerjakan pada Bulan Juni 2018 dan memohon bantuan serta dukungan dari seluruh panglima laot untuk bisa bekerja sama dari pihak Masyarakat khususnya Para Nelayan.

BACA JUGA :  Kejari Banda Aceh Periksa Empat Pj Disdik Terkait Pelaksanaan Pelatihan Guru

“Kami sangat memohon dukungan dari seluruh Panglima Laot Lhok Dalam Aceh Timur untuk bisa bekerja sama, supaya tidak terjadi selisih paham antara Masyarakat dengan PT.PHO NSE saat proses pengerjaan berlangsung,”Ujarnya.

Acara Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari sebelumnya sudah melaksanakan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur di Royal Hotel pada 17 Februari yang lalu,”Ujar Tajuddin.

Namun anehnya, proyek besar tersebut terkesan tertutup publik karena sejauh ini tidak ada pemberitaan di media massa manapun, baik di Media Elektronik (Online) , Cetak, maupun Televisi.

Saat hal ini di dipertanyakan Awak Media, yang menghadiri acara tersebut , Tajuddin mengatakan,”Ini masih tahap awal permulaan,  sehingga tidak kami beritahu kepada Awak Pers, Sangat aneh penjelasan pada proyek pengeboran lepas pantai sudah sangat lama berlangsung.

BACA JUGA :  Sudah Dilaporkan Tapi Kasus Ledakan Sumur Minyak Perlak Jalan Ditempat, PPA Minta Ditreskrimsus Polda Aceh Turun Tangan

Hal serupa juga dipertanyakan kepada Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, selaku penanggung jawab segala sesuatunya diperairan Kabupaten Aceh Timur, Syawaluddin Mengatakan, Tidak mengetahui bahwa hari ini Jum’at (02/03/2018) ada acara Sosialisasi Projeck Geofhisical yang tingkat panglima Laot yang di laksanakan oleh PT.PHO NSE di aula kantornya.

“Saya tidak tahu hari ini tidak ada acara, karna acara ini sudah 4 kali di tunda, dan masalah tidak memberitahukan awak Pers tentang Pelaksanaan Pengeboran Lepas Pantai itu urusan PT. PHO NSE,” Ujarnya.(Hasbi Abubakar)