62019 KALI DIBACA

Kodim 0116 Nagan Raya Budidayakan Jeruk Lemon

Kodim 0116 Nagan Raya Budidayakan Jeruk Lemon
Anggota TNI Kodim 0116 Nagan Raya membudidayakan jeruk lemon yang diaksanakan di Makodim Suka Makmue, Senin (26/218).(Mj)
example banner

Nagan Raya I Realitas – Kodim 0116 Nagan Raya membudidayakan jeruk lemon yang dilaksanakan di Makodim Suka Makmue, Senin (26/2/18).

Hal ini dilakukan sebagai salah satu tanaman herbal yang banyak mengandung vitamin C, buah dengan bentuk lonjong memiliki kadar air tinggi dan rasa manis masam yang segar.

Produk buah merupakan salah satu komoditas yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat, salah satu keunggulan hasil kebun buah adalah nilai jual yang tinggi serta potensi pasar yang terus meningkat, baik dalam maupun luar negeri.

Pengembangan hortikultura ini perlu dilakukan karena sampai saat ini produktivitasnya yang masih tergolong rendah.

‘’Kondisi ini disebabkan karena serangkaian berbagai faktor yang ada, pola usaha tani yang tidak teratur, minimnya bibit dengan varietas unggul, serta rendahnya penerapan teknologi budidaya”,Kata Dandim 0116 Nagan Raya Letkol Kav.Mochamad Wahyudi.

Di Nagan Raya saat ini  masih terkonsentrasi pada hasil perkebunan sawit, padahal kondisi tanah juga sangat mendukung untuk pengembangan Tanaman Hortikultura, termasuk lemon. Mulai dari dataran rendah sampai dengan tinggi sangat cocok untuk pengembangan Lemon jenis ini.

Jeruk lemon dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah, di daerah tropis seperti negara kita khususnya Nagan Raya ini dimana tingkat keasaman atau alkali tanah yang syaratkan pada kondisi nilai Ph 5,5 – 6,5, dan nilai itu terpenuhi disebagian besar area di Nagan Raya ini.

Di tambahkan Dandim  saat  ini sedang membudidayakan tanaman hortikultura, khususnya jeruk lemon, pada waktu yang lalu Kodim telah mencoba membudidayakannya di areal Komplek Makodim, dalam penyiapan bibit dan indukan, Kodim 0116 sengaja mendatangkan dari luar daerah.

Sampai sejauh ini pohon jeruk yang sudah ditanam sangat bagus perkembangannya, ini membuktikan bahwa tanah di Nagan Raya sangat cocok untuk budidaya jeruk jenis ini.

“kami sangat serius dalam membudidayakan tanaman jeruk ini, karena prospeknya yang bagus dan cocok dengan kontur tanah yang ada di Nagan Raya, dengan Populasi tanaman rata-rata 800 pohon per hektare.

Produksi buah pada usia 1,5 Tahun mencapai 2,5 Kg per-pohon atau sekitar 2 Ton perhektar dengan masa panen tiap pekan, atau 8 Ton perhektar/bulan, dan melihat harga dipasaran saat ini yg cenderung terus naik ini menarik dan kami berharap tanaman ini menjadi alternatif pilihan tanaman holtikultura selain kelapa sawit,”tutup Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Mochammad Wahyudi,S.I.P, M.Tr (Han).(Mj)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS