66219 KALI DIBACA

Bantuan Bibit Karet di Dinas Perkebunaan dan Pertenakan Aceh Timur di Alihkan

Bantuan Bibit Karet di Dinas Perkebunaan dan Pertenakan Aceh Timur  di Alihkan
example banner

Aceh Timur I Realitas – Kepala Pengembangan sarana perlindungan tanaman Khairullah RM kepada Realitas, Senin (19/2/18) yang ditemui oleh media ini di Ruang kerja, mengatakan bahwa tidak benar adanya dugaan atau penggelapan bantuan bibit karet siap salur tahun anggaran 2017 yang lalu. 

Yang ada adalah bantuan tersebut dialihkan kepada kelompok tani di desa lain bedasarkan SK yang kedua dengan nomor: 800/16/2017 tanggal, 8 November 2017 yang di tanda tangan oleh Kepala Dinas, sambil menunjukkan kedua SK kepada wartawan.

Surat Keputusan (SK) dari Dinas Perkebunan dan Perternakan, Surat Keputusan (SK) yang Pertama yang bernomor 800/16/2017 tertanggal, 2 Juni 2017, Dan semua Bantuan tersebut telah disalurkan kepada kelompok tani diantaranya:

Kelompok tani Makmur, Ketua Azhari, Sekretaris Muktar Zaini dan Bendahara Safrizal, luas areal 17 Hektar dengan alamat Desa Alue Patung, Kecamatan Indra Makmur.

Kelompok Gajah Keng Ketua Aldi Versaus, Sekretaris Mujiburrahman dan Bendahara Usman, luas areal 30 Hektar dengan alamat Gampong Alue Patung, Kecamatan Indra Makmur.

Kelompok Rimba Agung Ketua M.Jafar Sekretaris Misnan dan Bendahara M.Dahlan, luas areal 15 Hektar dengan alamat Gampong Alue Patung, Kecamatan Indra Makmur.

Kelompok Setia Karya Ketua Muksin Sekretaris M.Yahya dan Bendahara Zulkifli, luas areal 15 Hektar alamat Gampong Alue Patung, Kecamatan Indra Makmur.

Kelompok Beuna Tani Ketua Ismail MD Sekretaris Nurdin dan Bendahara M.Isa, luas areal 15 Hektar dengan alamat Gampong Alue Patong Kecamatan Indra Makmur, Dan di Gampong Alur Pinang Kecamatan Penaron, atas nama Sejahtera Tani, Ketua Kelompok Zainal Sekretaris M. Dewi dan Bendahara Asef Saefullah, luas areal 15 Hektar .

Pada Surat Keputusan (SK) yang Kedua nomor 800/16/2017 tertanggal, 8 November 2017 Bantuan tersebut disalurkan kepada kelompok tani Rimba Agung, Ketua M. Jafar Sekretaris Misnan dan Bendahara M.Dahlan, luas areal  15 Hektar dengan alamat Gampong Alue Patung, Kecamatan Indra Makmur.  

Kelompok Setia Karya,  Ketua Muksin Sekretaris M.Yahya dan Bendahara Zulkifli, luas areal 15 Hektar alamat Gampong Alue Patung, Kecamatan Indra Makmur.

Kelompok Uji Meutani,  Ketua Daini Abdullah Sekretaris Marsudi dan Bendahara Zainuddin  luas areal 15 Hektar dengan alamat Gampong Alue Patong Kecamatan Indra Makmur, Dan satu kelompok atas nama Sejahtera Tani Ketua Kelompok Zainal Sekretaris M. Dewi dan Bendahara Asef Saefullah, luas areal 25 Hektar dengan alamat Gampong Alur Pinang, Kecamatan Peunaron. 

Sedangkan dua kelompok lagi di Kecamatan Birem Bayeun antara Kelompok Udep Bersama, Ketua Zulkarya Sekretaris Hamdani dan Bendahara Abdul Hamid, luas areal 27 Hektar, Alamat Gampong Alur Canang.

Kelompok Karya Sejahtera, Ketua M.Gade Sekretaris Jailani dan Bendahara Ramli, luas areal 20 Hektar, Alamat Gampong Buket Lhee, Kecamatan Birem Bayeun,dan semua bantuan Bibit karet sudah kami disalurkan kepada kelompok tani,’’Ujar Khairullah.

Kepala Dinas Perkebunan dan Pertenakan Aceh Timur Samsul Bahri saat ditemui di depan Gedung Serba Guna Sekdakab Aceh Timur mengatakan kepada media ini, bahwa terkait penyaluran bibit karet kepada kelompok tani pihaknya tidak ada sebatangpun bantuan Otsus tahun 2017 tersebut kami selewengkan dan semua telah disalurkan sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan.

Yang perlu diketahui bantuan penyaluran pupuk dan perlengkapan pertanian tahun 2017 tidak diberikan satu paket , akan tetapi demi pemerataan, maka penyalurannya dilakukan dengan cara dibagi dalam dua katagori , yakni kelompok yang mendapatkan pupuk dan peralatan tidak lagi mendapatkan bibit sedangkan yang mendapatkan bibit  tidak mendapatkan pupuk dan peralatan,terkait adanya pemanggilan bendaharanya oleh pihak kepolisian, benar ada, terkait dengan persolan ini,’’Demikian pungkasnya.(HASBI ABUBAKAR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS