Kecamatan Banda Alam Kabupaten Aceh Timur Buka Pelatihan BUMG

oleh -417.579 views

ACEH TIMUR I MEDIA REALITAS – Sekretaris DPMG Aceh Timur Abdul jadi resmi membuka Pelatihan Dan peningkatan kapasitas pengelola BUM Desa/BUMG yang diadakan diaula hotel Royal IDi Rayeuk  selasa (16/1/18)

Acara tersebut hadir diantaranya Camat Banda Alam Suryadi.S.sos,Kapolsek Banda Alam Zainil,Danramil Banda Alam atau yang diwakili,Imum mukim Banda Alam zulkarnaini Dan seluruh Keuchik gampong Dan Tuha Peut serta Ketua pengelola BUM Desa sekecamatan Banda Alam.

Dalam Kata sambutannya,Abdul hadi menyampaikan bahwa Desa merupakan diatur entitas Dan komoditas Otonom yang memiliki kewenangan untuk mengatur Rumah Tangganya sendiri,pemikiran tersebut membawa konsekwensi bahwa bahwa Desa Harus mandiri,berdaya Dan memiliki kapasitas untuk mengelola rumah Tangganya desanya sesuai dengan kebutuhan Dan potensi masyarakatnya.

BACA JUGA :  M Nasir Djamil Anggota DRP RI Komisi III: Pusat Harus Serius Majukan Kuala Langsa

Kemandirian Desa dapat diukur dari kemampuannya untuk membiayai kegiatan pemerintahan Desa,baik dari sisi pemerintahan, pembagunan, Maupun kemasyarakatan, sehingga Desa dituntut untuk bisa menggali potensi yang bisa menjadi sumber pendapatan Asli Desa.

Bertitik tolak dari pemikiran tersebut,keberadaan BUM Desa menjadi suatu hal yang strategist Karena dengan adanya BUM Desa, Desa bisa mendapatkan alternatif pembiayaan Rumah Tangga Desa disamping itu juga keberadaan BUM Desa dapat memberikan tambahan Dan pendapatan masyarakat yang mampu melaksanakan pembagunan Dan peningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya.kata Abdul hadi.

Dalam Pelatihan  ini juga Camat Banda  Alam Suryadi. S.Sos memberikan Sedikit Arahan Dan harapan kepada para Peserta dengan adanya Pelatihan BUMG ini diharapkan kepada para Peserta dapat menambahkan sesuai  dengan Visi dan Misi Bupati Aceh Timur Dan meningkatkan kapasitas dalam pengelola Dana Desa yang diatur sesuai dalam undang undang permendes sehingga Tidak terjadi penyalahgunaan dalam penyaluran Dana ADG Dan diterima oleh masyarakatnya.

BACA JUGA :  YLBH Iskandar Muda Aceh: Keputusan Keuchik Di Kabupaten Pidie Tak Berdasar, Bukan Kewenangan Keuchik Mengusulkan Sekretaris PPS

Kelangsungan acara ini juga berkat dukungan Dan musyawarah dari seluruh gampong sekecamatan banda Alam ujar Idris Amanaf sekaligus Ketua panitia dalam Acara tersebut mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukses acara ini.(hasbi abubakar)