Semarak HUT Ke-79 RI, Kolaborasi SPMT Dan Pelindo Regional 1 Untuk Pencapaian Program SDGs

oleh -45.579 views
Semarak HUT Ke-79 RI, Kolaborasi SPMT Dan Pelindo Regional 1 Untuk Pencapaian Program SDGs

Belawan | REALITAS – Dalam menyemarakkan HUT ke-79 RI, Pelindo Multi Terminal (SPMT) berkolaborasi dengan Pelindo Regional 1 dalam menggelar berbagai rangkaian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berfokus pada tiga bidang prioritas yakni bidang Pendidikan, Lingkungan, serta Pengembangan Usaha Kecil & Menengah (UKM).

“Program TJSL yang diselenggarakan dalam menyemarakkan HUT ke-79 RI ini merupakan bagian dari rangkaian program TJSL Pelindo Group yang diselenggarakan secara berkolaborasi dengan bertujuan untuk memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat di sekitar wilayah kerja Pelindo Group,” jelas Sekretaris Perusahaan SPMT, Finan Syaifullah.

Berbagai rangkaian program TJSL yang diselenggarakan oleh SPMT dan Pelindo Regional 1 meliputi: Edukasi Safety Riding, Service Motor Gratis, Program Tanam Pohon, Penataan Lingkungan dengan Tema Kemerdekaan dan Pelabuhan, Port Visit, serta Bazar UKM Kemerdekaan.

Edukasi Safety Riding dirangkai dengan memberikan service motor gratis bagi 79 pengemudi ojek pangkalan yang berada di sekitar wilayah Pelabuhan Belawan, Medan. Kegiatan yang digelar di Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan pada Selasa 13 Agustus 2024 ini sebagai wujud kepedulian terhadap profesi ojek pangkalan dengan menanamkan kesadaran safety riding selama berkendara demi keselamatan bersama. Kegiatan yang dilakukan secara serentak di kota Medan, Jakarta, Surabaya dan Makassar ini juga dilanjutkan penandatanganan komitmen untuk tertib lalu lintas serta diserahkan bantuan jaket kepada para pengemudi.

BACA JUGA :  HUT Ke-79, RRI Berkomitmen Berikan Informasi Berkualitas Kepada Publik

Program Tanam Pohon digelar di sekitar wilayah pelabuhan sebagai upaya komitmen perusahaan dalam pelestarian lingkungan hidup. Secara simbolis, SPMT melakukan penanaman pohon di SPMT Branch Belawan pada Rabu 14 Agustus 2024 SPMT menanam sebanyak 1.185 pohon dan Pelindo Regional 1 menanam sebanyak 790 pohon yang akan ditanam di sekitar wilayah pelabuhan dengan jenis pohon seperti pohon tanjung, sawo kecik, aren, dadap cangkring, dan beringin.

SPMT menggelar penataan lingkungan yang mencakup revitalisasi dan dekorasi lingkungan bertema Kemerdekaan dan Pelabuhan. Terdapat lima kampung di kelurahan Bagan Deli, Belawan yang diikutsertakan dalam lomba. Kelima kampung tersebut diberikan bantuan modal untuk melakukan penataan lingkungan pada tanggal 10-14 Agustus 2024 dan pemenang akan mendapatkan hadiah berupa bantuan untuk pembinaan dan pengembangan lingkungan.

Dalam mewujudkan edukasi peran pelabuhan, SPMT berkolaborasi dengan Pelindo Regional 1 mengajak 100 siswa-siswi Sekolah Dasar yang berasal dari SD Muhammadiyah 04 Belawan dan SD Inpres Bagan Deli untuk berkunjung ke SPMT Branch Belawan dan Terminal Penumpang Bandar Deli pada Kamis (15/08). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang peran pentingnya pelabuhan serta melakukan sosialisasi anti bullying kepada para pelajar.

Untuk menyemarakkan gelaran Peringatan HUT RI yang dilaksanakan Pelindo Group di wilayah Medan, SPMT dan Pelindo Regional 1 menghadirkan 20 UKM yang berada di sekitar wilayah Pelabuhan Belawan dengan berbagai bidang usaha yang meliputi makanan, minuman, hingga kerajinan tangan pada kegiatan yang digelar di Grha Pelindo, Medan pada Jumat 16 Agustus 2024.

BACA JUGA :  Kapolsek Belawan Dan Kapolsek Labuhan Hadiri HUT Ke 56 Ketua STM Jurnalis Medan Utara

“SPMT dan Pelindo Regional 1 berkolaborasi untuk melaksanakan berbagai rangkaian program TJSL ini menjadi salah satu wujud komitmen Pelindo Group untuk terus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan seluruh masyarakat di sekitar wilayah pelabuhan. Sejalan juga dengan dukungan Pelindo Group dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui program-program TJSL yang mendukung Pilar Pembangunan Lingkungan, Ekonomi, dan Sosial. Program ini juga melibatkan para karyawan sebagai bentuk Employee Social Responsibility (ESR) yang sedang digalakkan oleh Pelindo,” ujar Finan.

“Rangkaian program TJSL yang digelar di wilayah Medan ini merupakan wujud kolaborasi Pelindo Regional 1 dan SPMT yang dilakukan melalui aksi yang memberikan dampak nyata bagi masyarakat di sekitar wilayah pelabuhan. Tentunya Pelindo sebagai operator pelabuhan tidak hanya berfokus pada bisnis, namun juga berpegang pada nilai-nilai kemanusiaan dengan memberikan manfaat kepada masyarakat secara luas,” tambah Regional Division Head Pelayanan SDM dan Umum Regional 1 Pelindo, Kasih Dwi Yanti.(Win)