KPK Buka Suara Soal Klaim Hasto Kedinginan Saat Diperiksa Kasus Harun Masiku

oleh -27.579 views
oleh
KPK Buka Suara Soal Klaim Hasto Kedinginan Saat Diperiksa Kasus Harun Masiku
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tiga kiri), didampingi sejumlah kuasa hukum memberikan keterangan pers usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Senin 10 Juni 2024. (Foto Berita Satu)

JAKARTA | MEDIAREALITAS – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengaku kedinginan saat menjalani pemeriksaan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (10/6/2024). 

Hasto diperiksa sebagai saksi dalam kasus kasus dugaan suap penetapan anggota DPR periode 2019-2024 dengan tersangka Harun Masiku (HM) yang kini sedang buron.

KPK pun buka suara merespons pengakuan Hasto tersebut. “Kemudian terkait pernyataan saksi yang dibiarkan kedinginan di ruang pemeriksaan, kami luruskan bahwa saksi H (Hasto) pada saat itu diberikan kesempatan untuk membaca BAP (berita acara pemeriksaan) dan mengoreksi yang disodorkan oleh penyidik,” kata tim Juru Bicara KPK, Budi Prasetyo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Budi menekankan, penyidik KPK memberikan kesempatan dan kebebasan kepada Hasto untuk membaca BAP.

BACA JUGA :   Tim Satreskrim Polres Aceh Timur Tangkap AR Pelaku Pembunuhan Neneknya

“Penyidik memberikan kesempatan dan kebebasan kepada saksi H untuk membaca BAP. Oleh karenanya, penyidik meninggalkan ruangan dan kemudian kembali lagi,” ungkap Budi.

Diketahui, Hasto menjalani pemeriksaan tim penyidik KPK sejak pukul 10.00 WIB. Adapun pemeriksaan Hasto rampung sekitar pukul 14.25 WIB. Dia mengatakan kedatangannya sebagai wujud sikap taat hukum.

“Jadi saya datang ke KPK dengan niat baik sebagai seorang warga negara yang juga taat hukum,” kata Hasto seusai pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Hasto mengeklaim pemeriksaan kali ini belum menyentuh pokok perkara. Hanya saja, dia sempat menceritakan soal suasana pemeriksaan yang dia jalani.

“Saya di dalam ruangan yang sangat dingin hampir sekitar 4 jam, dan bersama penyidik face to face itu paling lama 1,5 jam. Sisanya ditinggal kedinginan. Pemeriksaan saya belum masuk materi pokok perkara,” tutur Hasto.

BACA JUGA :   Tim Satreskrim Polres Aceh Timur Tangkap AR Pelaku Pembunuhan Neneknya

Diketahui, pemanggilan terhadap Hasto dilakukan karena KPK hendak meminta konfirmasi politikus tersebut terkait informasi baru yang diperoleh mengenai dugaan keberadaan Harun Masiku. KPK diketahui belakangan ini kembali menelusuri keberadaan Harun Masiku melalui pemeriksaan saksi.

Harun Masiku merupakan mantan caleg PDIP yang terjerat perkara dugaan suap dalam pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024. Dia diduga menyuap Komisioner KPU saat itu, Wahyu Setiawan supaya dapat ditetapkan sebagai anggota DPR. 

Namun, sejak OTT terhadap Wahyu dan sejumlah pihak lain pada 8 Januari 2020, hingga saat ini Harun Masiku masih buron dan menghirup udara bebas.

Sumber: Bs