Kompolnas Usulkan Setiap Anggota Polisi Dipasang Bodycam

oleh -42.579 views
Kompolnas Usulkan Setiap Anggota Polisi Dipasang Bodycam
Ilustrasi polisi.

Jakarta | MEDIAREALITAS – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengusulkan agar setiap anggota polisi dipasang body camera atau kamera yang melekat pada tubuh saat berdinas atau patroli di lapangan.

Usulan ini sebagai upaya untuk mencegah dan mengawasi segala tindakan anggota di lapangan agar tak terjadi pelanggaran. Hal ini diusulkan Kompolnas usai kasus tewasnya Afif Maulana (13).

“Kompolnas sudah lama merekomendasikan penggunaan body camera kepada seluruh anggota Polri yang bertugas di lapangan,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan Rabu, 26 Juni 2024.

Menurutnya, dengan adanya body camera yang terpasang di setiap anggota sangat efektif untuk memastikan setiap anggota bertindak profesional dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

“Sehingga penggunaan body camera tersebut merupakan bentuk pengawasan sekaligus pertanggungjawaban profesionalitas anggota,” jelasnya.

Apabila setiap anggota polisi sudah menggunakan body camera maka kasus tewasnya Afif Maulana (13) tidaklah simpang siur penyebabnya.

Karena dalam kasus meninggalnya Afif, berkembang dugaan pertama akibat disiksa anggota. Kedua sengaja melompat dari atas jembatan untuk kabur dari kejaran polisi saat hendak tawuran.

“Kompolnas berharap dengan adanya kasus ini, Polda Sumbar dapat mempertimbangkan penggunaan body camera bagi anggota yang bertugas di lapangan,” tuturnya.(*)

Sumber: L6