Inggris akan Laksanakan Pemilu 4 Juli

oleh -28.579 views
oleh
Inggris akan Laksanakan Pemilu 4 Juli
Perdana Menteri Rishi Sunak menyampaikan pidato terkait pemilihan umum, di luar kantornya di Downing Street Nomor 10, di London, Rabu 22 Mei 2024. (Foto voaindonesia)

MEDIAREALITAS – Pemilu di Inggris akan dilaksanakan pada 4 Juli mendatang, media Inggris melaporkan itu pada Rabu (22/5), dengan mengutip sejumlah sumber, bersamaan dengan PM Rishi Sunak menggelar pertemuan dengan sejumlah menteri.

Editor politik di BBC, ITV, Sky News, dan The Guardian semua mengatakan bahwa Sunak akan memastikan tanggal dalam sebuah pernyataan dari kantornya, pasca pertemuan kabinet.

Pemilu kali ini akan menjadi yang pertama bagi Sunak, 44, untuk menghadapi publik ketika sedang menjabat, setelah dia ditunjuk sebagai pemimpin dari partai terbesar di parlemen, melalui sebuah pemungutan suara internal Partai Konservatif pada Oktober 2022.

Pemilu ini, yang ketiga sejak referendum Brexit 2016, berlangsung ketika Sunak mencoba memanfaatkan data ekonomi yang lebih baik untuk mempengaruhi pemilih yang dihantam kenaikan biaya hidup.

Mengurangi inflasi hingga separuh dalam satu tahun, dari angka tertinggi dalam sejarah 11 persen pada akhir 2022, adalah salah satu janji dari lima janji mantan investor itu.

Janji itu tercapai pada tahun lalu, dan pada Rabu, suku bunga tertahan rendah hampir selama tiga tahun pada 2,3 persen bulan Maret. Situasi ini mendorong Menteri Keuangan Jeremy Hunt menyatakan “ini adalah bukti bahwa rencana kami berjalan”.

Komentator politik terus menyarankan bahwa Sunak, yang tertinggal secara buruk dalam jajak pendapat terhadap oposisi utama Partai Buruh, bisa memperoleh peningkatan dukungan dari situasi ekonomi yang lebih baik.

Namun, para kritikus menunjukkan bahwa situasi ini lebih banyak disebabkan oleh ekonomi global dan bukan kebijakan pemerintah.

Sunak sebelumnya telah menolak semua upaya untuk memastikan tanggal pemilu, dengan mengatakan bahwa waktu akan datang bagi Inggris pada paruh kedua tahun ini.

Spekulasi muncul kembali setelah Sunak dan para pejabat terasnya pada Rabu tidak mau menyangkal, pembicaraan terbaru bahwa dia akan meminta penyelenggaraan pemilu ketika data ekonomi menunjukkan nilai positif.

Rumor semakin kencang ketika MEnteri Luar Negeri David Cameron dipanggil pulang dari perjalanan ke Albania dan Menteri Pertahanan Grant Shapps menunda perjalanannya ke Eropa timur untuk menghadiri rapat kabinet itu.

Hunt juga membatalkan semua jadwal wawancara televisi pada Rabu sore, kata editor politik ITV, dan para jurnalis, fotografer serta kameramen berita berkumpul di depan kantor perdana menteri Inggris. 

Sumber: voaindonesia