PT Pelindo Multi Terminal, Edukasi Pelajar Maknai Ramadhan

oleh -94.579 views
oleh
PT Pelindo Multi Terminal, Edukasi Pelajar Maknai Ramadhan
PT Pelindo Multi Terminal, Edukasi Pelajar Maknai Ramadhan. (Foto Ist)

“Kegiatan berkonsep pesantren kilat satu hari ini merupakan buah kolaborasi antara TJSL SPMT bersama Badan Dakwah Islam (BDI) SPMT, Port Social Community (PSC), dan belawaninaja, diikuti sebanyak 100 peserta”

Medan | MEDIAREALITAS – PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan, berkomitmen terus melakukan inovasi berkelanjutan dalam kegiatan ‘A Special Day in Ramadhan’ bertema ‘Satu Hari Bersama Mendalami Ketaqwaan’, di Masjid Munawwarah Pelindo Belawan, Sabtu 6 April 2024.

Kegiatan berkonsep pesantren kilat satu hari ini merupakan buah kolaborasi antara TJSL SPMT bersama Badan Dakwah Islam (BDI) SPMT, Port Social Community (PSC), dan belawaninaja; komunitas pemuda Belawan yang mempopulerkan wilayah Belawan melalui media sosial.

Kegiatan itu dihadiri 106 peserta dengan rincian 100 peserta merupakan pelajar SMP dan SMA di lingkungan Belawan dan sekitarnya, dilengkapi juga dengan 6 peserta tambahan yang merupakan anak Yatim.

VP TJSL PT Pelindo Multi Terminal Joni Ilyas menerangkan, kegiatan ‘A Special Day in Ramadhan’ ini dihelat sebagai salah satu kepedulian SPMT untuk mengedukasi para pelajar SMP dan SMA di Belawan untuk memaknai bulan suci Ramadhan.

BACA JUGA :   Agus Fatoni Ditunjuk Mendagri Sebagai Pj Gubernur Sumut

Kata dia, “Melalui momen Ramadhan, para peserta mendapatkan edukasi seperti Sharing session/Motivasi, Tadarus, Shalat Berjamaah, Tausiyah, Belajar Tata Cara Solat dan Murojaah Al Quran, Nonton Bareng Film Islami, dan Leaderless Group Discussion, dan semuanya tergabung dalam rangkaian kegiatan satu harian,” terang Joni.

Sebut Joni, khusus tausiah dan kultum sebelum berbuka puasa mengambil tentang bagaimana menjadi Islam yang damai yang muatannya erat dengan toleransi umat beragama. Selain itu tausiah dan kultum juga memuat tentang materi bagaimana
menjadi anak yang berbakti pada orangtua.

Melengkapi itu, para peserta yang mengikuti kegiatan ‘A Special Day in Ramadhan’ ini juga belajar mengenai tata cara salat dan pelafalan Al-Quran yang benar, disampaikan oleh Ustadz Tuah Sirait.

Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari para wali dan orangtua peserta, mereka berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dan dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya.

BACA JUGA :   Agus Fatoni Ditunjuk Mendagri Sebagai Pj Gubernur Sumut

Kedepannya, diharapkan juga agar komunitas belawaninaja dan PSC dapat merangkul peserta kegiatan ini dalam berbagai program-program lain seperti inisiasi pembentukan klub olahraga, seni budaya, bahasa asing, kepemimpinan muda, dan lain sebagainya.

Kegiatan A Special Day in Ramadhan ini turut dihadiri oleh Dewi Suryani dari Port Social Community dan Zulfan dari BDI/PPDI.

Selama bulan Ramadhan 1445 H ini, SPMT gencar melakukan berbagai kegiatan, sebelumnya SPMT juga menggelar program Pelindo Berbagi Ramadhan Tahun 2024 yang memuat 3 aksi kepedulian yaitu Santunan Anak Yatim, Berbagi Takjil, dan Sembako Gratis, dengan rincian memberikan 840 santunan untuk anak yatim piatu, sembako gratis sebanyak 3.900 paket untuk masyarakat umum dan TKBM, serta 6.150 paket takjil ramadhan.

Termasuk juga menggelar kegiatan Mudik Gratis Lebaran 2024 bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman dengan menyediakan sebanyak 400 kuota penumpang, dengan rincian 200 kuota pergi, dan 200 kuota pulang menggunakan moda transportasi darat (bus) tujuan Medan – Pekanbaru – Medan, dan Medan – Banda Aceh – Medan. (Win)