Prof Samsul Rizal Dilantik Sebagai Rektor Uniba Batam

oleh -68.579 views
Prof Samsul Rizal Dilantik Sebagai Rektor Uniba Batam
Profesor Samsul Rizal, Selasa (26/3/2024) dilantik sebagai Rektor Uniba di Gedung Rumengan Hall Batam Center. Foto: Humas Uniba.

Banda Aceh | MEDIAREALITAS – Mantan Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal.,M.Eng.,IPU., ASEAN., Eng, Selasa (26/3/2024) dilantik sebagai Rektor Uniba (Universitas Batam). Dia dilantik untuk periode 2024-2028. Pelantikan Rektor Uniba berlangsung di Gedung Rumengan Hall Batam Center.

Pelantikan Rektor Uniba Prof. Dr. Samsul Rizal dilakukan oleh Pengawas Yayasan Griya Husada Uniba Rusli Muhammad. Pelantikan Rektor Uniba disaksikan Ketua Yayasan Griya Husada Batam H. Dr. Rusli Bintang.

Rektor Uniba Samsul Rizal dalam pidato perdananya mengatakan dirinya dan manajemen akan bekerja penuh semangat mengembangkan berbagai aspek, menuju Uniba mendapatkan akreditasi unggul untuk seluruh program studi.

Sebagai lembaga yang menyelenggarakan bisnis pendidikan tinggi, Uniba harus meningkatkan mutu pendidikan tinggi, sehingga mendapatkan kepercayaan lebih luas dari calon mahasiswa dan orangtua calon mahasiswa.

“Kita menyelenggarakan bisnis pendidikan tinggi. Oleh karena itu kita harus meningkatkan mutu pendidikan tinggi, sehingga dipercaya oleh anak-anak kita dan orangtua yang menitipkan anaknya, untuk mendapatkan pengajaran dan pengetahuan dari para pengajar di Uniba,” kata Samsul Rizal.

Samsul Rizal menambahkan sejak menjadi Rektor Universitas Syiah Kuala, banyak pencapaian yang diraih kampus tersebut. Salah satunya nilai akreditasi institusi yang nilai C berhasil meraih nilai A dalam waktu terbilang cukup singkat.

BACA JUGA :   Truk dan Sepmor Kecelakaan di Gunung Meriah, Polisi Olah TKP

Mengakhiri sambutannya, Profesor Samsul Rizal mengajak seluruh sivitas akademi dan para karyawan Uniba untuk bersatu padu mengembangkan program studi menuju unggul.

“Siapapun Rektor dan sehebat apapun Rektor Uniba tidak akan dapat mengubah apa pun, jika tidak ada komitmen dan integritas bersama. Hal ini dimulai dari jabatan yang paling sederhana hingga yang paling tinggi di jajaran Uniba,”jelasnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Pengawas Yayasan Griya Husada Batam Rusli Muhammad. Rusli menegaskan supaya seluruh karyawan di lingkungan Uniba lebih memperhatikan tugas dan fungsinya untuk mengedepankan loyalitas terhadap kinerja.

Gubernur Provinsi Kepri melalui Kepala Dinas pendidikan Dr. Andi Agung, S.E., M.M menyampaikan rasa syukur atas keberadaan Universitas Batam yang telah banyak mendidik dan mengantarkan para alumnusnya menjadi pejabat dan pimpinan di sejumlah institusi.

Andi Agung berharap kehadiran Uniba juga dapat menyasar para pelajar yang berasal dari Provinsi Kepri yang berada jauh, seperti di Kabupaten Natuna, Lingga, dan Anambas untuk dapat bergabung guna berkuliah di Universitas Batam.

BACA JUGA :   YARA Ingatkan Pj Gubernur Aceh Bijak Gunakan Kewenangan

Sebelum dilantik sebagai Rektor Universitas Batam, Samsul Rizal merupakan Rektor Universitas Syiah Kuala selama dua periode. Dia juga pernah menjadi Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Koordinator Daerah Aceh. Akan tetapi karena berbeda pandangan dengan sejumlah koleganya, ia memilih mundur beberapa waktu lalu.

Samsul Rizal merupakan pria kelahiran Idi Rayek, Aceh Timur, pada 8 Agustus 1962. Samsul Rizal menyelesaikan gelar sarjana di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala tahun 1987. Dia menyelesaikan Magister Teknik (M.Eng) pada tahun 1998 dan melanjutkan program Doktor (Ph.D) di Universitas Teknologi Toyohashi, Jepang, masing-masing pada tahun 1998 dan 2001.

Samsul Rizal bergabung dengan Universitas Syiah Kuala sebagai dosen di Jurusan Teknik Mesin pada tahun 1988. Tahun 2006, ia ditunjuk sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik. Pada tahun 2012, beliau diangkat sebagai Rektor Universitas Syiah Kuala. Tahun 2018, dia terpilih kembali menjadi rektor untuk mempimpin Universitas Syiah Kuala hingga tahun 2022. (*)