Dikabarkan Presiden Jokowi Akan Lantik Dua Menteri Baru Hari Ini

oleh -90.579 views
Dikabarkan Presiden Jokowi Akan Lantik Dua Menteri Baru Hari Ini
Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik dua menteri baru pada Rabu 21 Februari 2024.

JAKARTA | MEDIAREALITAS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik dua menteri baru pada Rabu 21 Februari 2024.

Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, bakal dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Mantan Panglima TNI ini menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri karena memilih fokus Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sementara itu, kursi Menteri ATR/Kepala BPN disebut-sebut adalah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selain itu, Jokowi juga akan menyaksikan pengucapan sumpah atau janji anggota Komisi Kejaksaan dihadapan Presiden di Istana Negara.

Dalam beberapa kesempatan Jokowi memilih hari Rabu untuk melakukan perombakan kabinet, dan terkadang jatuh pada pasaran Jawa Rabu Pon.

Saat pengumuman jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi memilih hari Rabu, tepatnya tanggal 23 Oktober 2019.

Dikutip dari Kompas TV, berikut daftar menteri di Kabinet Indonesia Maju dan Kabinet Kerja yang diangkat Presiden Jokowi pada hari Rabu dan Rabu Pon.

Kabinet Kerja

1. Darmin Nasution, diangkat menjadi Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. Darmin mulai dilantik pada Rabu 12 Oktober 2015. Pasaran Jawa jatuh pada Rabu Pon.

2. Luhut Binsar Pandjaitan, diangkat menjadi Menko Kemaritiman dan Sumber daya, menggantikan Rizal Ramli. Luhut mulai menjabat pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

3. Wiranto, diangkat menjadi Menko Polhukam menggantikan Luhut Bisar. Sama seperti Luhut, Wiranto mulai menjabat pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

BACA JUGA :   ASN Akan Dapat 1 Unit Apartemen Di IKN, Kecuali Yang Jomlo

4. Sri Mulyani, diangkat menjadi Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro. Sama seperti Luhut dan Wiranto, Sri Mulyani mulai menjabat pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

5. Arcandra Tahar, diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral mengantikan Sudirman Said. Arcandra dilantik bareng Wiranto, Luhut dan Sri Mulyani pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

Arcandra kemudian diganti oleh Ignasius Jonan karena masalah status kewarganegaraan Amerika Serikat (AS).

6. Airlangga Hartarto diangkat menjadi Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

7. Enggartiasto Lukita diangkat menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Thomas Trikasih Lembong pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

8. Budi Karya Sumadi diangkat menjadi Menteri Perhubungan menggantikan Ignasius Jonan. Budi diangkat pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

9. Eko Putro Sandjojo diangkat menjadi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggantikan Marwan Ja’far. Eko mulai menjabat pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

10. Muhadjir Effendy diangkat menjadi Menteri Pendidikan menggantikan Anies Baswedan. Muhadjir mulai menjabat pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

11. Bambang Brodjonegoro dilantik Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menggantikan Sofyan Djalil. Bambang mulai menjabat pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

BACA JUGA :   Haji Uma Belum Putuskan Maju Di Pilkada Mendatang

12. Sofyan Djalil dilantik Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional menggantikan Ferry Mursyidan Baldan pada Rabu 27 Juli 2016 yang jatuh pada Rabu Pon.

13. Syafruddin dilantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggantikan Asman Abnur. Syafruddin mantan wakapolri itu mulai menjabat pada Rabu 15 Oktober 2018.

Kabinet Indonesia Maju

1. Sakti Wahyu Trenggono, diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada Rabu 23 Desember 2020, dalam Pasaran Jawa jatuh pada Rabu Pon.

2. Tri Rismaharini, diangkat menjadi Menteri Sosial pada Rabu 23 Desember 2020, dalam Pasaran Jawa jatuh pada Rabu Pon.

3. Yaqut Cholil Qoumas, diangkat menjadi Menteri Agama, Rabu 23 Desember 2020 atau pada Rabu Pon.

4. Sandiaga Uno, diangkat menjadi Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Rabu 23 Desember 2020 atau Rabu Pon.

5. Bahlil Lahadalia, diangkat menjadi Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal pada Rabu 28 April 2021.

6. Hadi Tjahjanto, dianggkat menjadi Menteri ATR/BPN pada Rabu 15 Juni 2022.

7. Abdullah Azwar Anas, diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada Rabu 7 September 2022.

8. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, diangkat Presiden Jokowi sebagai menteri pada Rabu 15 Juni 2023.

Sumber:  Tribun