137 Mahasiswa PMM dari 67 Perguruan Tinggi Luar Sumatera Dilepaskan Dipimpin Rektor UNSAM Langsa

oleh -105.579 views

LANGSA | MEDIAREALITAS – Tim Panitia program  Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Universitas Samudra (Unsam) melakukan acara pelepasan 137 mahasiswa dari 67 Perguruan Tinggi (PT) luar Pulau Sumatera. Kegiatan pelepasan mahasiswa kembali ke perguruan tingginya masing-masing ini berlangsung di Aula Hutan Kota Langsa, Rabu 3 Januari 2024

Acara pelepasan dipimpin Rektor Unsam, Prof Dr Ir Hamdani, MT, IPM, didampingi Koordinator PMM Unsam, Dr Iswahyudi, SP, MSi dan Zulfan, SH, MH.

Kemudian Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerja Sama Unsam, Zulfan, SH, MSi.

Koordinator Program MBKM Unsam, Dr. M. Amin, ST, MT, IPM,  seluruh Dosen Modul Nusantara, Liaison Officer dan Tim Task Force PMM.

Koordinator PMM, Dr Iswahyudi, SP, MSi, kepada MEDIAREALITAS Jumat 5 Januari 2024, mengatakan, program PMM 3 ini berjalan lancar sesuai dengan harapan bersama, Kegiatan PMM ini merupakan salah satu dari bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang rutin diikuti Unsam sejak tahun 2021,”Kegiatan ini telah berlangsung selama satu semester yakni dari bulan Agustus-Desember 2023,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pelindo Multi Terminal Edukasi Pilah Pilih Sampah Sejak Dini: Menuju Implementasi SDGs

Iswahyudi menambahkan, kegiatan modul nusantara yang terdiri atas 16 sub kegiatan ditutup dengan Kegiatan Kontribusi Sosial.

Kegiatan itu dilakukan oleh enam kelompok PMM Inbound Unsam di 6 desa yang menyebar di kabupaten/kota di pesisir timur Aceh.

Adapun kegiatan yang telah dilakukan antara lain rehabilitasi kawasan pesisir dan Tuntong Laut di Desa Pusong Kapal, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang.

Selanjutnya, Edukasi Pengelolaan Wisata Alam di pemandian Gunung Pandan Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Selain pelatihan pembuatan makanan bergizi untuk mencegah stunting bagi ibu-ibu di Desa Leuge, Kecamatan Peurelak, Kabupaten Aceh Timur.

Rektor Unsam, Prof Dr Ir Hamdani, MT, IPM, saat pelepasan mahsiswa itu, menyebutkan, dengan adanya Program PMM ini khususnya program Modul Nusantara telah memberikan kesempatan langsung kepada para mahasiswa untuk belajar adat, budaya, dan sejarah Aceh.

BACA JUGA :  Pelindo Multi Terminal Edukasi Pilah Pilih Sampah Sejak Dini: Menuju Implementasi SDGs

“Pengalaman tersebut saya rasa akan meningkatkan  rasa nasionalisme, jiwa kepemimpinan serta kepekaan sosial,” jelasnya.

Rektor menuturkan, tentu saja hal itu menjadi bekal untuk para mahasiswa sebagai calon-calon pemimpin pada masa yang akan datang.

Kegiatan pelepasan ini di selingi juga dengan acara Fun Games, pemutaran video dokumentasi Program PMM 3 Inbound Unsam.

Selain itu, acara tukar kado dan penyerahan cenderamata kepada Dosen Modul Nusantara oleh masing-masing Ketua Kelompok MN.

Sambung, Dr Iswahyudi, menjelaskan, pada tanggal 7 dan 8 Januari 2024 mahasiswa akan dihantar kembali ke daerah asal masing-masing melalui Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumut,Mahasiswa akan terbagi menjadi 5 rombongan dan pengantaran dilakukan oleh PIC PMM, Tim Task Force, Kabiro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan serta perwakilan Liasion Officer, “Tanggal 7 dan 8 Januari 2024 kita akan mengantar mahasiswa program PMM 3 Inbound Unsam ke Bandara Kualanamu,“ pungkas Iswahyudi. (*)

Sumber: Serambi