Gempa 7,8 Guncang Selatan Turki

oleh -54.579 views
Gempa 7,8 Guncang Selatan Turki
Gempa 7,8 Guncang Selatan Turki

 GOOGLE NEWS

Turki | Realitas –¬†Gempa Magnitudo 7,8 mengguncang selatan Turki (Provinsi Kahramanmaras, Gaziantep, Osmaniye) pada pukul 04.17 waktu setempat atau 08.17 WIB.

Pusat gempa di Provinsi Kahramanmaras (+/- 600 kilometer sebelah tenggara Ankara).

Disusul 2 gempa lanjutan Magnitudo 6,4 dan Magnitudo 6,5 di Provinsi Gaziantep (+/- 700 kilometer sebelah tenggara Ankara).

Sampai saat ini dilaporkan ada 51 korban jiwa, ratusan terluka dan sejumlah bangunan yang runtuh dan rusak berat akibat ketiga gempa.

BACA JUGA :   Mayat Pria Ditemukan Kaku Di Kamar Hotel Jaksel

KBRI Ankara telah berkoordinasi dengan otoritas lokal di daerah tersebut, Satgas Perlindungan WNI dan PPI di sekitar lokasi.

Sejauh ini, tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia. Sejumlah WNI di Kahramanmaras harus meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan parah.

BACA JUGA :   Calon Haji Asal Lhokseumawe Meninggal di Madinah

KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat.

3 Orang WNI mengalami luka. 1 Orang di Kahramanmaras dan 2 orang di Hatay. Saat ini, mereka sudah dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Mengingat kerusakan yang sangat substansial, diperkirakan jumlah korban jiwa akan terus bertambah.

KBRI Ankara akan terus berkoordinasi dengan otoritas lokal, Satgas Perlindungan WNI serta masyarakat Indonesia di wilayah terdampak.

BACA JUGA :   Mayat Pria Ditemukan Kaku Di Kamar Hotel Jaksel

Pasalnya, terdapat sekitar 6.500 WNI yang terdata tinggal di seluruh Turki. Dari jumlah tersebut, terdapat sekitar 500 orang tinggal di area gempa dan sekitarnya.

Sebagian besar berstatus pelajar dan mahasiswa. Sementara itu, sebagian lainnya adalah WNI yang menikah dengan warga setempat dan pekerja di organisasi internasional. (*)

Sumber: tvone