Terkejut Karena Gempa, Warga Bantul Meninggal Dunia

oleh -687.579 views
oleh
Gempa M 5,2 Guncang Aceh Barat
Ilustrasi

Jogja | MEDIAREALITAS – Satu warga Bantul S, perempuan 67 tahun meninggal dunia akibat terkejut karena gempa bumi Mag 6,4 mengguncang Yogyakarta pada Jumat (30/06/2023) sekitar pukul 19:57:43 WIB.

Gempa terjadi pada lokasi 8.63 LS, 110.08 BT yang berpusat di Laut 86 Km Barat Daya Bantul dengan kedalaman 25 Km ini merusak puluhan bangunan di Bantul dan Gunung Kidul.

Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, sebanyak 40 titik kerusakan terjadi di Gunung Kidul dan 31 titik kerusakan terjadi di Bantul.

Sedangkan lima titik kerusakan terjadi di Kulon Progo. Kerusakan terjadi kebanyakan di rumah warga, fasilitas pemerintah, fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan. Kerusakan mulai dari ringan hingga sedang di tiga kabupaten tersebut.

“Kerusakan yang terjadi mulai dari ringan hingga sedang di tiga kabupaten tersebut,” ujar Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY, Danang Samsurizal dalam keterangannya, Jumat Malam.

Danang menambahkan, gempa bumi ini juga mengakibatkan satu warga Bantul S, perempuan 67 tahun meninggal dunia. Warga Mulyodadi, Bambanglipuro ini meninggal akibat kaget saat terjadi gempa bumi.

Imbas Gempa Bantul

Belasan rumah, fasilitas pemerintah, kesehatan, dan pendidikan rontok akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo (M) yang berpusat di Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan bahwa perkembangan hingga pukul 20.50 WIB, Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mencatat dampak di wilayahnya antara lain, rumah rusak 15 unit, fasilitas pemerintah 1, kesehatan 1 dan pendidikan 2.

Abdul mengatakan, sebagian besar dampak gempa tersebut tersebar di Kabupaten Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Sejauh ini tidak ada laporan adanya korban jiwa akibat gempa yang terjadi pada malam tadi,” ungkap Abdul Muhari, Jumat (30/6).

Namun begitu, berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa susulan hingga pukul 20.40 tercatat 5 kali dengan magnitude terbesar M4,5.

Berdasarkan parameter BMKG, gempa M6,4 berpusat di 86 km barat daya Bantul, DIY, dengan kedalaman 25 km. Dilihat pemodelan BMKG, pusat gempa yang berada di laut ini tidak berpotensi tsunami.

Menyikapi fenomena gempa bumi, BNPB mengimbau warga untuk waspada dan siap siaga dan juga mengantisipasi adanya gempa susulan.

“Pastikan struktur bangunan rumah tetap kokoh sebelum kembali ke dalam rumah pascagempa. Persiapkan tas siaga bencana apabila harus melakukan evakuasi ke tempat aman sementara,” ujarnya.

BNPB juga mengimbau warga untuk tidak terpancing informasi palsu atau hoaks yang terkait dengan fenomena gempa bumi.

Sumber : Suara