IKLAN YARA

Marc Marquez Sebut Motor MotoGP Sudah Banyak Berubah

oleh -16.579 views
Marc Marquez Sebut Motor MotoGP Sudah Banyak Berubah
@Marc Marquez

 GOOGLE NEWS

Jakarta | Realitas – Pengalaman selama hampir satu dekade di kejuaaraan MotoGP membuat Marc Marquez menyadari bahwa motor balap yang digunakan saat ini tak seperti dulu.

Marc Marquez memang belum mencapai usia 30 tahun, namun ia menjadi salah satu pebalap veteran. Sebab pria asal Spanyol itu mulai membalap di kelas utama sejak 2013 silam.

Ia sempat menjadi sosok yang tak terkalahkan di MotoGP hingga mengacaukan dominasi Valentino Rossi di masa lalu. Namun The Baby Alien saat ini jarang berada di baris terdepan.

BACA JUGA :   Louis Van Gaal Sebut Belanda Bisa Juara Piala Dunia 2022

Di sisi lain Marquez menyebut teknologi pada motor balap MotoGP mulai berkembang pesat. Hal yang paling terlihat adalah teknologi pengubah tinggi serta perangkat aerodinamika di fairing motor.

Juara dunia MotoGP enam kali itu pun menyebut bahwa sekarang kejuaraan kelas premier sudah berubah. Ini terasa ketika Marquez harus menemukan torsi maksimal yang ada, sebelumnya hanya dapat diraih menggunakan gigi teratas transmisi.

BACA JUGA :   Louis Van Gaal Sebut Belanda Bisa Juara Piala Dunia 2022

“Sebelumnya, semua bekerja secara manual. Dahulu, pebalap hanya harus mengganti transmisi ke gigi keempat, kelima dan keenam untuk melaju,” ucapnya dilansir dari Crash.

Lebih lanjut Marc Marquez menjelaskan bahwa torsi puncak motor sudah bisa dirasakan sejak gigi ketiga. Hal itu dimungkinkan oleh berbagai perangkat modern yang kini menempel di motor balap MotoGP.

BACA JUGA :   Louis Van Gaal Sebut Belanda Bisa Juara Piala Dunia 2022

“Sekarang, dengan perangkat pengubah tinggi dan aerodinamika, torsi motor bisa dimaksimalkan di gigi ketiga. Hal itu bahkan bisa dilakukan dengan gigi kedua di beberapa lintasan tertentu,” tutur rider Repsol Honda itu.

“Sebelumnya, kami harus bermain dengan posisi tubuh serta rem belakang untuk mengendalikan motor. Semua berjalan manual. Sekarang, motor terasa seperti Moto3 dan cukup melaju,” ia menyimpulkan. (*)

Sumber: Source