Lokan Badaruk Aceh Singkil Juara Satu Nominasi Makanan Tradisonal

oleh -30.579 views
Lokan Badaruk Aceh Singkil Juara Satu
Penulis: Rostani
Editor: Sumardi

 GOOGLE NEWS

Aceh Singkil | Realitas – Lokan Badaruk, makanan ringan (cemilan) asal Kabupaten Aceh Singkil meraih juara pertama dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022.

Kategori Makanan Tradisional yang digelar di Gedung AAC Dayan Dawood, Kota Banda Aceh pada Jumat, (25-11- 2022).

Ada 18 Kategori yang diperlombakan dalam API Awards 2022 ini, yang diikuti sebanyak 134 Kabupaten/Kota serta 34 Provinsi yang menampilkan pariwisata terbaiknya sebagai nominasi pada ajang anugerah wisata terbesar di Indonesia ini, dan lokan badaruk meraih juara pertama sedangkan juara 2 Nasi Kapau dari Kabupaten Agam dan Gula Puan dari Kabupaten Ogan Komering Ilir meraih juara 3.

Pj. Bupati Aceh Singkil, Marthunis ST., D.E.A menyampaikan rasa gembira atas raihan prestasi yang diperoleh Kabupaten Aceh Singkil, sesaat setelah menerima langsung penghargaan API Awards 2022.

BACA JUGA :   Kapolda Resmikan Gedung Adhi Pradana Polres Aceh Besar

“Saya sangat bangga Lokan Badaruk meraih juara 1 tingkat Nasional dalam API Awards 2022 ini, dan saya ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam upaya meraih prestasi ini,” ucap Marthunis.

Lebih lanjut beliau menyampaikan harapan agar prestasi ini menjadi momentum kita untuk pengembangan ekonomi masyarakat berbasis UMKM khusus untuk makanan tradisional Aceh Singkil.

“Penghargaan ini bisa kita jadikan momentum untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, khususnya sektor produksi home industri lokan badaruk, apalagi di Aceh Singkil banyak memilki industri rumah tangga yang memproduksi Lokan Badaruk ini,’ harap Marthunis.

BACA JUGA :   Pelaku Begal Payudara di Nagan Raya Ditangkap Polisi

Sementara itu Hermasyah, selaku produsen lokan badaruk menyampaikan perasaan terharu karena produksi lokan badaruk beliau dapat meraih prestasi terbaik

“Saya sangat terharu sekaligus bangga karena lokan badaruk dapat meraih juara 1 pada API Awards 2022. Ini tentu menumbuhkan semangat kami para produsen lokan badaruk di Aceh Singkil, yang ternyata makanan khas Aceh Singkil ini bisa mendapat apresiasi dan diterima masyarakat.” Ungkap Herman.

18 Kategori yang diperlombakan dalam API Awards 2022 itu ialah: Kategori Makanan Tradisional, Kategori Destinasi Kreatif, Kategori Promosi Pariwisata Digital, Kategori Brand Pariwisata, Kategori Cendera Mata, Kategori Situs Sejarah, Kategori Surga Tersembunyi, Kategori Wisata Air, Kategori Minuman tradisional, Kategori Destinasi Belanja Terbaik, Kategori Wisata Olahraga dan Petualangan, Kategori Ekowisata, Kategori Dataran Tinggi, Kategori Kampung Adat, Kategori Atraksi Budaya, Kategori Festival Pariwisata, dan Kategori Destinasi Unik, serta Kategori Destinasi Baru.

BACA JUGA :   Kapolri Didesak Selidiki Kinerja KIP Aceh Timur

Pada malam puncak API Awards 2022, Provinsi Aceh kembali meraih juara umum yang kedua kalinya, yang pertama diraih pada tahun lalu yang diselenggarakan di Kabupaten Bayu Asin Sumatera Selatan, selanjutnya pada tahun ini katagori Pesona Pesisir Timur Aceh, Kota Langsa meraih juara Favorit (*)