IKLAN YARA

Kamboja Harapkan Ukraina Segera Temukan Solusi damai Atas Perang

oleh -19.579 views
Kamboja Harapkan Ukraina Segera Temukan Solusi damai Atas Perang
Perdana Menteri (PM) Kamboja Samdech Techo Hun Sen. (ANTARA/ HO-Asean2022.mfaic.gov.k)

 GOOGLE NEWS

Phnom Penh | Realitas – Perdana Menteri (PM) Kamboja Samdech Techo Hun Sen mengharapkan Ukraina dapat menemukan solusi damai atas perang sehingga Ukraina dapat memperoleh kembali perdamaian,keamanan, stabilitas, dan pembangunan.

Hal tersebut diungkapkan Perdana Menteri (PM) Kamboja Samdech Techo Hun Sen saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di sela-sela rangkaian KTT ke-40 dan ke-41 ASEAN, Phnom Penh, Kamboja, pada hari Kamis (10/11/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Perdana Menteri (PM) Kamboja menegaskan kembali posisi Kamboja yang mengutuk invasi Rusia ke Ukraina.

Ia juga menyatakan kesiapan Kamboja untuk melatih para penjinak ranjau Ukraina bekerja sama dengan Jepang.

Perdana Menteri itu mengucapkan selamat kepada Ukraina atas aksesi pada Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara (TAC).

Ia menegaskan kembali bahwa Kamboja akan terus bekerja sama dengan ASEAN atas permintaan Ukraina untuk menjadi Mitra Dialog Sektoral ASEAN.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas posisi tegas Kamboja dalam perang di Ukraina.

Ia mengatakan bahwa Ukraina memiliki niat yang kuat untuk menjadi Mitra Dialog Sektoral ASEAN.

Ia juga menegaskan kembali niat Ukraina untuk segera menunjuk seorang Duta Besar untuk Kamboja.

Ia mengaku optimistis bahwa hubungan persahabatan antara kedua negara akan terus tumbuh, ujarnya. (ant)