BPOM RI Rilis Daftar Obat Tercemar Etilen Glikol

oleh -62.579 views
BPOM RI Rilis Daftar Obat Tercemar EG
Foto Ilustrasi

Jakarta | Realitas – Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) merilis daftar obat yang tercemar etilen glikol (EG). Temuan ini berdasarkan pemeriksaan dugaan cemaran senyawa EG dalam 39 bets dari 26 obat sirup yang diperiksa sampai 19 Oktober 2022.

Penarikan juga dilakukan oleh BPOM menyusul kekhawatiran cemaran EG terkait dengan kasus gagal ginjal akut anak. BPOM menyebut tengah melakukan penyelidikan secara intensif dengan berbagai pakar kefarmasian, Kementerian Kesehatan hingga Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Sebelumnya Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono menyebut dari 18 obat sirup yang diperiksa, 15 di antaranya tercemar etilen glikol. Sejauh ini baru lima produk obat sirup yang dirilis terkait cemaran tersebut. Sisanya bagaimana?

“Kita tunggu resminya dari BPOM dan lab yang memeriksa ya,” kata Kepala Biro Komunikasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Jumat (21/10/2022).

BACA JUGA :   ASN Akan Dapat 1 Unit Apartemen Di IKN, Kecuali Yang Jomlo

Perlu disampaikan bahwa baik BPOM dan Kemenkes belum bisa memastikan keterkaitan langsung cemaran EG dan kasus gagal ginjal. Masih terdapat beragam kemungkinan di balik lonjakan 99 anak meninggal akibat gagal ginjal akut.

Selain cemaran EG, beberapa faktor lain yang ditelusuri adalah infeksi virus, bakteri Leptospira, dan multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C) atau sindrom peradangan multisistem pasca COVID-19,

“Hasil uji cemaran EG tersebut belum dapat mendukung kesimpulan bahwa penggunaan sirup obat tersebut memiliki keterkaitan dengan kejadian gagal ginjal akut, karena selain penggunaan obat, masih ada beberapa faktor risiko penyebab kejadian gagal ginjal akut,” tulis BPOM dalam keterangan tertulis. (*)

BPOM mengumumkan daftar 5 obat yang memiliki cemaran EG yang melebihi ambang batas, yaitu:

BACA JUGA :   Indonesia-China Sepakat Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

1. Termorex Sirup (obat demam)
Produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu)
Produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu)
Produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.

4. Unibebi Demam Sirup (obat demam)
Produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

5. Unibebi Demam Drops (obat demam)
Produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.

Sumber: detik