Turnamen Sepak Bola U-10 dan U-12 Resmi Dibuka

oleh -127.579 views
Turnamen Sepak Bola U-10 dan U-12 Resmi Dibuka
foto ist

Palembang | Realitas – Ratusan anak usia dini yang berasal dari 15 Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan mengikuti turnamen sepak bola Piala Gubernur yang digelar Forum Sepak Bola Generasi Indonesia (FORSGI) Sumsel.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan sepak bola Pakri Palembang dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Minggu (18/9/2022).

Acara di buka oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru.

Dalam sambutan Ketua FORSGI Provinsi Sumsel, H Muhammad Alfian mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan perdana untuk kategori dini U-10 dan U-12 yang di ikuti 15 Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Kita menekankan keseriusan dan komitmen dalam menjalankan program FORSGI dalam pembinaan dan membentuk generasi sepak bola Indonesia yang berkarakter dan bertalenta,” jelasnya.

Kegiatan FORSGI ini untuk menjaring anak-anak di usia dini yang memiliki bakat dan minat di bidang sepak bola yang nantinya akan diseleksi secara berjenjang sampai dengan tingkat nasional.

“Selain itu kegiatan Forsgi yang diterapkan kepada anak usia dini ini bertujuan Alim faqih berakhlakul karimah dan mandiri, benteng utama untuk anak-anak usia dini ke jenjang yang lebih profesional dan berkarakter, bebernya.

Ketua Forsgi Provinsi mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumsel yang telah Sudi memberikan fasilitas karena memang lapangan tersebut di kawasan komplek Polda Sumsel.

Ucapan terimakasih kasih juga ia berikan kepada Gubernur Sumatera Selatan, “bapak Gubernur hari ini banyak sekali kegiatannya, kurang lebih ada 9 acara namun beliau sempat menyempatkan hadir di tengah-tengah kita, “ucap Ketua Forsgi Provinsi Sumsel.

Di tempat yang sama Ketua Umum Forsgi, Agus Riyanto, M.Si., M.M menambahkan, “kegiatan ini juga, sebagai ajang pencarian bibit pemain sepak bola usia dini yang memiliki bakat dalam sepak bola.

Dengan digelarnya turnamen sepak bola sejak usia dini ini dapat melatih anak anak bermain sepak bola yang fairplay, menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, berakhlak mulia dan profesional.

“Sehingga nantinya mampu menjadi pemain sepak bola nasional bahkan internasional yang berkarakter dan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga tidak akan mengenyampingkan pembelajaran berkarakter yang religius.

“Kita sudah menggelar kegiatan ini di beberapa Kota di Indonesia, untuk mencari bibit berbakat yang akan mengikuti pergelaran lebih besar lagi di Jakarta pada 21-22 Oktober 2022, “katanya.

Selanjutnya, Forsgi harus memiliki tujuan utama yaitu membuat pondasi tim sepak bola yang solid dengan 6 karakter luhur yaitu, jujur, amanah, rukun, kompak, kerjasama yang baik dan berhemat.

Lanjutnya, ia menekankan, “kami akan terus berjuang di bidang pendidikan karakter generasi sepak bola Indonesia. Kiprah Forsgi adalah perjuangan dan persaudaraan. Kekompakan dan kerukunan harus terus terjalin untuk membina generasi Indonesia,” pungkas Agus Ketum.

Sementara Gubernur Sumsel, H Herman Deru didampingi Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH mengatakan, bahwa program ini sangat selaras dengan program Pemerintah Provinsi yakni Sejuta Bola.

Kegiatan ini sangat selaras dengan kegiatan kita yang digelar dengan kategori yang sama, untuk menuju U-20 piala FIFA dan kita harapkan nantinya persepak bolaan Indonesia di isi orang asli Indonesia yang memiliki talenta berbakat,” ungkapnya.

Salah satu cara dalam menyeleksi bakat tidak mengenyampingkan pembelajaran dan agama.

Turut hadir Kapolda Sumsel, Forkompimda, Pangdam Sriwijaya, Ketua Umum Forsgi, dan Ketua Senkom Mitra Polri Provinsi Sumsel. (*)