Mahasiswa USK Gelar Aksi Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

oleh -116.579 views
oleh
Mahasiswa USK Gelar Aksi Demo Tolak Kenaikan Harga BBM
foto ist

Banda Aceh | Realitas – Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) dari berbagai elemen akan menggelar aksi demonstrasi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa (6/9/2022).

Hal tersebut terjadi karena Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite, Solar, dan Pertamax resmi naik 30 persen yang berlaku sejak Sabtu (3/9/2022).

Akibat kenaikan BBM tersebut Aliansi Mahasiswa Indonesia memutuskan bergerak turun ke jalan, termasuk Universitas Syiah Kuala (USK).

Ketua BEM USK, Zawata Afnan mengatakan bahwa aksi ini merupakan panggilan untuk memperjuangkan hak-hak rakyat.

“Untuk pergerakan dari mahasiswa USK akan berlabuh di Kantor Gubernur. Mengenai perihal izin dari Universitas tentunya kami memohon izin dan ridho dari para orang tua kami untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat terutama naiknya BBM secara semena-mena,” ucapnya.

Ia juga menambahkan target aksi kali ini diharapkan pemerintah pusat membatalkan kebijakan penaikan harga BBM subsidi.

Sementara untuk pemerintah daerah, kata dia, haruslah dapat mengontrol laju harga sembako dan hal yang paling terpenting adalah ongkos kendaraan umum yang dimana naik secara menyeluruh baik darat maupun laut.

Selain membawa poin tuntutan utama yang berisi tentang tolak kenaikan harga BBM, aksi demo ini juga mendesak untuk memberantas mafia migas, mencabut kenaikan tarif listrik, dan membatalkan pembangunan IKN yang membebankan APBN.

Mahasiswa dalam aksi kali ini juga membawa poin tuntutan tentang Isu daerah.

“Isu daerah tetap akan kami sentil tetapi hari ini kami berfokus pada isu permasalahan seluruh masyarakat Indonesia yakni BBM dan naiknya harga listrik, mahasiswa akan terus mengawal dan melawan jika kebijakan yang di ambil tidak mempertimbangkan teriakan.” pungkasnya. (*)