IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

Cara Melatih Anak Untuk Ikut Sholat Jumat

oleh -10.579 views
Cara Melatih Anak Untuk Ikut Sholat Jumat
ILUSTRASI

 GOOGLE NEWS

REALITAS – Orang tuang Muslim dianjurkan melatih anak-anaknya untuk ikut melaksanakan sholat Jumat. Meski anak-anak merupakan yang tidak diwajibkan untuk melakukan sholat Jumat.

Dari Jabir bin Abdillah ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka dia harus melaksanakan sholat Jumat, kecuali orang yang sedang sakit, orang yang sedang dalam perjalanan, wanita, anak kecil atau budak.

Barang siapa yang tidak merasa membutuhkannya dengan perbuatan sia-sia atau perdagangan, maka ketahuilah bahwa Allah sama sekali tidak membutuhkannya. Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

BACA JUGA :   Hasil Pertandingan Brazil vs Tunisia, 5-1

Kemudian Imam al-Khasani dalam kitab al Bada’ i ush Shana’i mengomentari hadits ini.

“Sholatnya anak kecil menjadi sholat sunnah.”

Dr Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dalam bukunya” Prophetic Parenting Cara Nabi Mendidik, Anak” mengatakan, dengan melatih anak untuk sholat Jumat dapat memberikan banyak keuntungan baginya. Dia mencatat setidaknya ada tujuh manfaat mengajak anak sholat Jumat.

Pertama, jika nanti sudah baligh, dia sudah terbiasa melakukannya. Kedua, dampak positif yang didapatkannya ketika mendengarkan khotbah Jumat. Sebab, fitrahnya masih cukup sensitif dalam menangkap penjabaran tentang iman dan sejarah nabi SAW.

BACA JUGA :   MUI Dukung Mahfud MD Benahi Peradilan Hukum

“Ini juga merupakan pelatihan mendengarkan ilmu,” katanya.

Ketiga, terbiasa dengan berkumpulnya kaum muslimin dan dapat merasakan bagaimana masuk ke dalam masyarakat. Sebab, dia harus mengenal orang-orang yang dikenal oleh bapaknya.

Keempat, berdasarkan pendapat yang menyatakan bahwa waktu dikabulkannya doa di hari Jumat adalah ketika khutbah. Maka si anak termasuk dalam kategori orang yang hadir pada waktu dikabulkan doa yang disebut oleh Rasulullah SAW ini.

BACA JUGA :   Hasil Pertandingan Brazil vs Tunisia, 5-1

Kelima, menjadi asupan keimanan dan bimbingan rohani untuk mendirikan salat lima waktu dan ketaatan kepada Allah antara Sembahyang Jumat dan sholat Sunnah berikutnya.

Keenam, mengenal sejak masa kecil para ulama dan dai yang memiliki pengaruh besar.

Ketujuh, dengan sholat Jumat, anak mendapatkan pembentukan kepribadian dengan berbagai unsurnya secara lengkap akidah, ibadah, sosial kemasyarakatan, perasaan, ilmu, jasmani, kesehatan dan kecenderungan seksual.(*)

Sumber: R