IKLAN YARA

Jadi Contoh Sholat Jumat, Masjid Agung Sunda Kelapa Gelar Vaksin

oleh -33.489 views
Jadi Contoh Sholat Jumat, Masjid Agung Sunda Kelapa Gelar Vaksin
Jadi Contoh Sholat Jumat, Masjid Agung Sunda Kelapa Gelar Vaksin
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Masjid Agung Sunda Kelapa menggelar percontohan Sholat Jumat selama pandemi COVID-19. Ibadah pada hari ini Jumat (3/9/2021) ini dilaksanakan terbatas, dengan jamaah wajib vaksin lebih dulu.

“Jamaah yang bisa masuk diwajibkan untuk menunjukkan bukti telah di vaksin, jika belum maka disediakan pengurus Masjid lokasi untuk vaksinnya,” ujar pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa Arief Rosyid Hasan dalam rilis yang diterima awak media.

BACA JUGA :   Webinar via Zoom, Tema Aspek Hukum Media Massa Cetak dan Online

Arief mengatakan, masjid telah menjadi solusi di tengah pandemi COVID-19. Solusi ditunjukkan dengan membangkitkan ekonomi, membantu warga terdampak, hingga mempercepat herd immunity dengan vaksinasi.

Kegiatan vaksin hari ini terlaksana atas dukungan Wali Kota Jakpus, Puskesmas Menteng, Bank Syariah Indonesia, Laznas BSMU, dan Yayasan Hasanah Titik. Melalui kegiatan ini diharapkan jangkauan vaksinasi makin luas.

Selain Masjid Agung Sunda Kelapa, Masjid Istiqlal telah menggelar Sholat Jumat terbatas. Kapasitas maksimal hanya 25 persen dari daya tampung lantai utama masjid. Sholat Jumat dapat digelar seiring pelonggaran PPKM.

BACA JUGA :   Binsan Simorangkir Jalani Sidang Kode Etik, Wilson Lalengke Hadir sebagai Saksi

“Meski pemerintah melonggarkan PPKM , tapi pengurus masjid tetap membatasi sekitar 25 persen dari kapasitas lantai utama,” kata Wakil Ketua Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah.

Selain membatasi daya tampung, pengurus Masjid Istiqlal juga mewajibkan jamaah melakukan vaksin lebih dulu. Jamaah yang sudah vaksin harus menunjukkan sertifikatnya di situs atau aplikasi Pedulilindungi.

Pengurus Masjid Istiqlal membolehkan jamaah yang baru divaksin satu kali untuk ikut Sholat Jumat. Syarat lain yang wajib dipatuhi adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan selama di masjid.

Protokol kesehatan mencakup tidak melepas masker, tidak bersalam-salaman dan segera meninggalkan masjid jika pelaksanaan ibadah telah selesai. Disiplin menerapkan prokes menjadi salah satu upaya pencegahan infeksi COVID-19. (*)

Source:Dtc