77 Ribu Pohon Magrove Ditanam di Pantai Rancong

oleh -23.579 views
77 Ribu Pohon Magrove Ditanam di Pantai Rancong
Foto istimewa
Editor: Rostani

 GOOGLE NEWS

Lhokseumawe | Realitas – Polres Lhokseumawe bersama unsur Muspida Plus Kota Lhokseumawe melakukan penanaman pohon serentak sebanyak 3500 pohon magrove di lokasi wisata Pantai Rancong, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Selasa (23/8/2022).

Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, SIK menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menanam 77 ribu pohon Magrove.

Tumbuhan yang akan ditanam ini, lanjutnya, memiliki peran ekonomis yang besar bagi kehidupan manusia dalam rangka menumbuhkan ekosistem alam dan juga mencegah abrasi laut.

BACA JUGA :   Seluruh Personil Polres Pelabuhan Belawan Dites Urine

“Hari ini kita melakukan penanaman pohon agar dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak agar dapat diwariskan kepada anak cucu kita kelak,” ujarnya seraya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut mendukung dan terlibat dalam kegiatan penanaman pohon serentak tersebut.

Sementara itu, AKBP Henki Ismanto, SIK usai melakukan penanaman pohon secara simbolis bersama Pj Walikota Lhokseumawe, Dr Drs Imran, MA, Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Bayu Permana dan unsur Muspida lainnya mengatakan, kegiatan ini merupakan program Kapolda Aceh, yaitu suatu terobosan Aceh Hijau yang dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

BACA JUGA :   Terdakwa Pemerkosa Gadis Tunarungu Divonis 25 Tahun Penjara

“77 ribu pohon ini sesuai dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77. Karena wilayah kita adalah pesisir, kita main di mangrove. Jenis tanaman ini memiliki manfaat yang cukup banyak, diantaranya bisa mencegah abrasi dan pelestarian ekosistem pantai,” pungkasnya.

Untuk di wilayah Kota Lhokseumawe, kata Kapolres, Polres Lhokseumawe bersama unsur Muspida Plus, organisasi pemuda, Pramuka, mahasiswa dan pihak BUMN serta masyarakat menanam sebanyak 3500 pohon mangrove.

BACA JUGA :   Santri Terseret Arus Pantai Wisata Trienggadeng

“Setelah penanaman ini, saya mengharapkan kepada masyarakat, mari sama – sama menjaga. Meskipun manggrove tidak membutuhkan perawatan khusus, namun faktor lain seperti masuknya ternak juga dapat merusak tanaman manggrove ini,” pinta pria nomor satu di jajaran Polres Lhokseumawe.

Harapannya, tambah AKBP Henki Ismanto, kegiatan tersebut dapat mengembalikan kelestarian dan menghijaukan kawasan pantai, khususnya di lokasi wisata pantai Rancong. (*)