Harga Bitcoin dan Kripto 12 Juni 2022 Anjlok

oleh -66.579 views
Kripto
Harga Bitcoin dan Kripto 12 Juni 2022 Anjlok (Foto @AP)

REALITAS – Harga bitcoin dan mata uang kripto lainnya anjlok pada Senin, (12/6/2022).

Usai pemberi pinjaman mata uang kripto utama secara efektif gagal dan menghentikan semua penarikan dari platformnya, dengan alasan “kondisi pasar yang ekstrem.”

Ini adalah keruntuhan profil tinggi terbaru dari pilar industri cryptocurrency.

Kehancuran ini telah menghapus puluhan miliar dolar aset investor dan mendorong seruan mendesak untuk mengatur industri freewheeling.

Bitcoin diperdagangkan pada sekitar $23.400 Senin sore, turun lebih dari 16% pada hari terakhir.

Ethereum, cryptocurrency lain yang banyak diikuti, turun lebih dari 20%. Investor telah menjual aset berisiko seperti mata uang digital dan saham teknologi karena Federal Reserve menaikkan suku bunga untuk memerangi inflasi yang tinggi.

Pada hari Minggu, platform pinjaman cryptocurrency Celsius Network mengumumkan bahwa mereka menghentikan semua penarikan dan transfer antar akun untuk “menghormati, seiring waktu, kewajiban penarikan.”

Celsius, dengan sekitar 1,7 juta pelanggan dan aset lebih dari $ 10 miliar, tidak memberikan indikasi dalam pengumumannya kapan akan memungkinkan pengguna untuk mengakses dana mereka.

Sebagai imbalan atas simpanan pelanggan, perusahaan membayar hasil yang sangat murah hati, lebih dari 19% pada beberapa akun. Celsius mengambil simpanan itu dan meminjamkannya untuk menghasilkan keuntungan.

Platform pinjaman seperti Celsius telah mendapat sorotan baru-baru ini karena mereka menawarkan hasil yang tidak dapat didukung oleh pasar normal, dan para kritikus menyebutnya sebagai skema Ponzi yang efektif.

Ini adalah keruntuhan penting kedua di dunia cryptocurrency dalam waktu kurang dari dua bulan. Stablecoin Terra meledak pada awal Mei, menghapus puluhan miliar dolar dalam hitungan jam.

Stablecoin dipandang relatif aman, karena seharusnya didukung oleh aset keras, seperti mata uang atau emas.

Sama seperti Terra, Celsius telah menjual dirinya sebagai tempat yang aman bagi pemegang cryptocurrency untuk menyimpan dana mereka.

Bahkan ketika Celsius gagal, situs web perusahaan mengiklankan bahwa pengguna dapat “mengakses koin Anda kapan pun, menjaganya tetap aman selamanya.”

“Ada banyak pekerjaan di depan karena kami mempertimbangkan berbagai opsi, proses ini akan memakan waktu, dan mungkin ada penundaan,” kata Celsius dalam sebuah pernyataan.

Langkah itu mengejutkan investor dan deposan. Dalam obrolan online, mereka mempertanyakan mengapa investasi mereka tidak dilindungi.

Tidak jelas apakah deposan Celsius akan mendapatkan kembali semua dana mereka. Pemberi pinjaman cryptocurrency tidak diatur seperti bank, jadi tidak ada asuransi simpanan dan tidak ada kerangka hukum untuk siapa yang mendapatkan uang mereka kembali terlebih dahulu, seperti dalam kebangkrutan.

Ada kemungkinan bahwa investor Celsius, termasuk dana pensiun Quebec, dapat memperoleh kembali investasi mereka sebelum deposan Celsius melakukannya. (*)

Sumber : @Ap