Hilal Sudah Terlihat Secara Hisab

oleh -38.579 views
Hilal Sudah Terlihat Secara Hisab
Ilsutasi
Editor: Sumardi

 GOOGLE NEWS

Jakarta | Realitas –¬† Hilal di Indonesia sudah terlihat secara hisab¬† dan sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Maka dari itu, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 di Auditorium HM Rasjidi pada Minggu, 1 Mei 2022.

BACA JUGA :   Rutan Depok Dapatkan Penguatan Dari Staf Khusus Menkumham

Sebelum sidang isbat digelar, Kemenag akan melakukan pengamatan hilal di 88 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada Minggu, 1 Mei 2022 petang, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1443 H.

Posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat sudah terlihat secara hisab, dan sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

BACA JUGA :   Rutan Depok Dapatkan Penguatan Dari Staf Khusus Menkumham

Hal tersebut diungkapkan Kamaruddin Amin selaku Dirjen Bimas Islam Kemenag.

“Di Indonesia, pada 29 Ramadhan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit,” ujarnya

“Dengan elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” sambungnya lagi dikutip dari berita Bimas Islam Kemenag pada Senin, (25/4/2022).

BACA JUGA :   Rutan Depok Dapatkan Penguatan Dari Staf Khusus Menkumham

Menurut Kamaruddin, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria ini merupakan sebuah pembaharuan dari kriteria yang sudah ada sebelumnya, yaitu 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat. (*)

Sumber: pikiran-rakyat