IKLAN YARA

Denmark Merdeka Dari Covid-19

oleh -55.579 views
Denmark Merdeka Dari Covid-19
Foto : Ilustrasi
Editor: Rostani

Denmark I Realitas – Denmark sudah mulai merdeka dari pandemi Covid-19, konon, sejak kemunculannya hingga saat ini, Covid-19 itu telah menewaskan lebih dari 5,5 juta orang di seluruh dunia.

Namun, ada secercah cahaya optimis baru saja diterima kabar dari salah satu negara di kawasan Skandinavia. Bahkan, WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) melalui Direktur Jenderalnya Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus mengeluarkan pernyataan pada Senin (24/1) lalu bahwa dia yakin pandemi Covid-19 bisa berakhir tahun Ini dengan syarat.

Dan, negara yang berani mendeklarasikan itu adalah Denmark. Bukan kaleng-kaleng bila Denmark optimis menyatakan itu. Bahkan sampai Perdana Menterinya langsung berkata dihadapan pers malam ini, Rabu (26/1/2022).

“Hari ini adalah tonggak sejarah dan mulai 1 Februari, Denmark akan terbuka, sepenuhnya terbuka”, kata Mette Frederiksen, PM wanita yang berasal dari partai Sosial Demokrat.

Pernyataan PM Denmark itu membuat media di Swedia “cemburu”. Tetangganya ini sebelumnya konon sesumbar bahwa Swedia lebih berhasil menangani penyebaran Covid-19 daripada negara-negara di Eropa lainnya.

Nyatanya di Swedia malah bukannya mengikuti jejak Denmark, sebaliknya bahkan baru saja diterima kabar akan memperpanjang pembatasan saat ini selama 14 hari lagi. Namun, jika situasinya telah stabil, sebagian besar pembatasan dapat dicabut pada 9 Februari.

Strategi melawan penyebaran Covid-19 di Swedia ternyata kurang berhasil seperti Denmark. Di Swedia, dari raja, ratu, putri mahkota hingga PM Swedia sendiri pun sebelumnya ikut terkena Covid-19 yang diduga kuat varian omicron.