IKLAN YARA

210 Ribu Warga Jepang Diminta Jauhi Pantai

oleh -53.579 views
210 Ribu Warga Jepang Diminta Jauhi Pantai
Foto : Ilustrasi

Jepang I Realitas – 210 ribu warga Jepang diminta oleh BMKG untuk menjahui pantai, sesudah terjadi Tsunami mencapai tiga meter, pada Sabtu (15/1/22).

Seperti dilansir Japan Times, Minggu (16/1/2022) Tsunami yang terjadi pada Sabtu (15/1) malam waktu setempat hingga Minggu (16/1) terjadi beberapa jam setelah erupsi Tonga terjadi. Peringatan tsunami dikeluarkan pertama kali untuk pulau Amami dan Tokara dan kemudian meluas ke pantai Prefektur Iwate.

“Gelombang hingga 3 meter mungkin terjadi di daerah-daerah itu,” kata Badan Meteorologi Jepang.

Di distrik Kominato, pulau Kagoshima, Amami Oshima, tsunami setinggi 1,2 meter diamati terjadi pada Sabtu pukul 23:55 waktu setempat.

Peringatan tsunami ‘yang tidak terlalu parah’ diberlakukan untuk daerah lainnya yang menghadap ke Laut Jepang. Sementara itu, gelombang tsunami kurang dari 1 meter dikonfirmasi di daerah sepanjang pantai dari Hokkaido ke Okinawa.

Hingga saat ini belum ada laporan tentang korban luka-luka.

Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana mengatakan setidaknya 210.000 orang di tujuh prefektur – Aomori, Iwate, Miyagi, Chiba, Kochi, Miyazaki dan Kagoshima – diminta untuk menjauh dari pantai.

Menyusul peringatan Tsunami, pemerintah Jepang mendirikan kantor penghubung di Kantor Perdana Menteri untuk mengumpulkan informasi. terkait kondisi pasca tsunami di beberapa wilayah.

Sebelumnya, warga Tonga ketakutan dan melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi pasca letusan besar memicu peringatan tsunami di Pasifik Selatan dan seluruh Pantai Barat AS.

Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha’apai pada Sabtu (15/1) terjadi hanya beberapa jam setelah peringatan tsunami akibat letusan di hari sebelumnya dicabut.

Akibat tsunami, Raja Tonga Tupou VI dilaporkan telah dievakuasi dari Istana Kerajaan di Nuku’alofa. Raja dibawa oleh konvoi polisi ke sebuah vila di Mata Ki Eua yang jauh dari garis pantai.

Diketahui peringatan tsunami di keluarkan Badan Meteorologi Tonga. Peringatan ini berlaku pada pukul 17.30 waktu setempat untuk seluruh wilayah Tonga.

Sumber : Detik.com
Editor : Rapian