Penuh Kesan Dan Makna, Pisah Sambut Danyon Arhanud 13/Pby

oleh -274.579 views
Penuh Kesan Dan Makna, Pisah Sambut Danyon Arhanud 13/Pby

Pekanbaru I Realitas – Setelah melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) pada Jum’at (24/12/21) lalu di Balai Serindit oleh Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed SE, M.Han, diantaranya terdapat nama Letkol Arh Nahruddin Roshid SE, M.Tr (Han) yakni Komandan Batalyon Arhanud 13/PBY yang dipromosikan sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0314/Inhil menggantikan Letkol Inf Imir Faishal S.I.P

Dan saat ini, pimpinan Batalyon Arhanud 13/PBY dipercayakan kepada Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho M.Han yang sebelumnya bertugas di Pabandya Lat kodam XVIII/KSR Papua Barat selama lebih kurang 3 tahun dan yang pernah bertugas juga di Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Pussenarhanud).

Menjelang melaksanakan tugas di satuan Kodim 0314/Inhil, Letkol Arh Nahruddin Roshid SE, M.Han beserta istri melakukan pamitan kepada seluruh prajurit, perwira, maupun Ibu-Ibu Persit dan juga mengundang jajaran pemerintah kota Pekanbaru, beberapa tokoh masyarakat sekitar serta rekanan maupun kolega dalam menghadiri suatu kegiatan acara ramah tamah sekaligus pisah sambut Komandan Arhanud 13/PBY yang bertempat di Aula Jenderal Ahmad Yani Mako Arhanud 13/Pby pada Minggu (26/12/21) malam.

Selama lebih kurang satu tahun empat bulan memimpin Batalyon Arhanud 13/PBY, sosok Letkol Nahruddin dimata masyarakat sekitar maupun teman sejawatnya sangat baik serta mengedepankan hubungan silaturahmi satu sama lainnya.

Seperti halnya yang diungkapkan oleh Komandan Resimen Mahasiswa (Danmenwa) Indra Pahlawan Riau, Indra Pomi Nasution ST, M.Si ketika menghadiri kegiatan pisah sambut tersebut menyampaikan kesan bahwa selama Letkol Nahruddin menjabat sebagai Danyon Arhanud 13/Pby wujud kebersamaan serta kekeluargaan sangat dirasakannya baik secara pribadi maupun kedinasan.

“Yang kami rasakan selama ini, bahwa kami sudah menjadi bagian keluarga besar dari satuan Arhanud 13/Pby. Dan Kami sangat senang dan bangga bahwa peranan kepemimpinan beliau (Letkol Nahruddin, red) sangat bermanfaat bagi masyarakat Riau khususnya warga kota Pekanbaru dalam menjaga keamanan serta kedaulatan NKRI melalui tugas pokok satuannya,” ujar Indra Pomi.

Atas nama pemerintah kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution yang juga merupakan Kadis PUPR Pekanbaru menyebutkan bahwa kerjasama dengan Arhanud 13/PBY cukup baik hingga saat ini.

“Beliau (Letkol Nahruddin, red) sangat komunikatif kepada pemerintah kota Pekanbaru, sehingga bagaimana pun juga hal yang menjadi tugas pokok satuannya tetap selalu kami dukung. Mudah-mudahan beliau sukses bertugas ditempat yang baru dengan karir yang cemerlang,” ungkap Indra Pomi.

Sebagai Kadis PUPR kota Pekanbaru, Indra Pomi juga berkomitmen akan berupaya memberikan dukungan kepada pimpinan Batalyon Arhanud 13/Pby yang baru, seperti halnya support yang telah dilakukan kepada sebelumnya.

“Yang pasti kedepannya kita akan dukung terhadap satuan ini baik dari segi infrastruktur maupun lainnya, sehingga hubungan pemerintah kota Pekanbaru dengan Batalyon Arhanud 13/Pby dapat terus terjaga,” tutup Indra Pomi Nasution.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid SE, M.Tr (Han) menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh prajurit dan juga kepada pemerintah provinsi Riau dan pemerintah kota Pekanbaru yang telah mendukung penuh tugas pokok selama memimpin Batalyon Arhanud 13/Pby kurang lebih satu tahun tiga bulan.

“Terimakasih kepada semua pihak, mungkin tanpa dukungan seluruh prajurit kami belum tentu bisa menjadi pemimpin yang baik seperti ini. Dan juga berkat bantuan kerjasama dari pemerintah Provinsi Riau khususnya pemerintah kota Pekanbaru dalam menjalankan program-program kerja satuan,” ujar Dandim 0314/Inhil.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, prestasi yang sangat luar biasa juga dilakukan oleh Letkol Arh Nahruddin Roshid dengan menulis sebuah karya buku berjudul ‘Belibis Dari Meriam Garuda’ yang berisikan tentang literasi sejarahnya Batalyon Arhanud 13/Pby pernah mendapatkan senjata alutsista tercanggih pada tanggal 25 November 2020 lalu.

“Buku karya tulis kita terbitkan yang berjudul Belibis Dari Meriam Garuda ini menceritakan bahwa Batalyon Arhanud 13/Pby pernah mendapatkan senjata alutsista berjenis senjata Rudal Starstreak Arhanud meliputi satu unit kendaraan Commander Vehicle, empat unit kendaraan Alutsista MMR Rudal Starstreak, delapan unit Alutsista LML Rudal Starstreak, satu unit kendaraan Missile Vehicle, satu unit kendaraan Maintenance Vehicle, satu unit Radar CM 200. Dan buku ini kita berikan kepada para tamu undangan dan seluruh prajurit yang hadir di kegiatan pisah sambut malam ini, sebagai kenang-kenangan yang nantinya mungkin dapat dibaca,” ujar Letkol Arh Nahruddin Roshid.

“Terakhir kepada seluruh prajurit maupun perwira di kesatuan Batalyon Arhanud 13/Pby kami berpesan untuk terus tetap kompak dan bersinergi dengan selalu menjaga silaturahmi kepada siapapun, dan terutama tingkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita semuanya diberikan kesehatan dan perlindungan dariNya,” tutup Dandim 0314/Inhil.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari para tamu undangan dan diakhiri dengan ramah tamah hiburan dan makan malam bersama. *(mirza)