IKLAN YARA

Kondisi Daerah Terdampak Erupsi Gunung Semeru di Jatim

oleh -32.489 views
Kondisi Daerah Terdampak Erupsi Gunung Semeru di Jatim

Jatim I Realitas –  Kondisi rumah dan kendaraan korban yang kenak abu vilkanik akibat meletusnya Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur (Jatim).

BACA JUGA :   Akibat Letusan Gunung Api Tonga Lahirkan Pulau Baru di Samudra Pasifik

Puluhan rumah di Kampung Renteng Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terendam abu erupsi Gunung Semeru.

Ketinggian abu dan pasir vulkanik sekira kurang lebih 4 (empat meter). seperti terlihat di beberapa rumah penduduk dan mobil tertimbun abu akibat musibah ini.

BACA JUGA :   BREAKING NEWS : Laka Lantas di Aceh Tamiang Satu Orang Luka Berat

Berikut foto dari sumber relawan dan BPBD Lumajang.

Foto : Rumah Warga yang tertimbut abu vilkanik akitbat letusan Gunung Semeru

Sebelumnya Gunung Semeru Meletus dan mengeluarkan Asap hitam, Wargapun kocar kacir, di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu, (04/12/2021) sekitar pukul 15.30 Wib sore Tadi.

Letusan Gunung Semeru tersebut berlangsung begitu cepat, hal ini terlihat jelas dari video yang beredar di Group WhatsApp, sejumlah warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri Mereka.

Seperti dilihat di video tersebut, asap hitam membumbung tinggi diatas puncak gunung Semeru Itu” Semeru menyemburkan awan panas dan mengalirkan larva, kata salah seorang warga Di kampung Itu.

Terlihat warga Pun kocar kacir menyelamakan diri, sambil berlari mengucapkan Takbir Allahhu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.”

Sementara itu, Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang melaporkan telah terjadi penigkatan aktivitas Gunung Berapi Semeru yang disertai awan panas guguran.

Foto : Kendaraan yang tenggelam dengan abu Vulkanik Gunung Semeru

Warga dihimbau menjahui daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru. Dan Jangan Satu Pun Ada di Dekat bantaran sungaiUntuk sementara,”Ujarnya.

tidak ada korban jiwa akibat dari peristiwa letusan Gunung semeru.

Agen Bencana Provinsi Jatim dan TRC PB Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menuju lokasi untuk assesment dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru Dan Insya Allah Warga Semua Tertolong. 

Untuk informasi sementara belum ada korban jiwa dalam kejadian letusan Gunung Semeru Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

Editor : yudi
Reporter : Iqbal