IKLAN YARA

Hadiri AMH 2021, Pemkab Bogor Terima Penghargaan Terbaik

oleh -22.489 views
Hadiri AMH 2021
UPDATE CORONA

Bogor | Realitas – Hadiri AMH 2021, Pemkab Bogor Terima Penghargaan Terbaik III Tingkat Nasional Kategori Siaran Pers (Media Online)

Pemerintah Kabupaten Bogor diwakili Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor berhasil meraih penghargaan Terbaik III Anugerah Media Humas 2021 kategori Siaran Pers (Media Online) Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Tingkat Nasional.

Dalam kegiatan Anugerah Media Humas (AMH) tahun 2021, yang diselenggarakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) di Nusa Dua Bali, Kamis (4/11/2021).

AMH 2021 sendiri diikuti oleh Humas kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi pemerintah daerah kabupaten/kota se-Indonesia, Humas perguruan tinggi negeri, dan Humas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Humas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Terdapat 4 kategori yang dilombakan dalam ajang AMH 2021 ini, yakni Kategori Siaran Pers, Media Sosial, Website, dan Komunikasi Publik.

Menteri Kominfo RI, Johnny G Plate mengungkapkan, pandemi Covid-19 telah memberi tantangan sekaligus pelajaran tak terkecuali bagi kerja komunikasi publik dan Humas pemerintah.

Ia menyadari bahwa berbagai capaian komunikasi publik tidak terlepas dari kerja sama pentahelix yang dibangun selama ini, termasuk dengan media keHumasan pemerintah.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para insan Humas pemerintah, baik dari kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, hingga perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

penanganan pandemi Covid-19 di negeri kita, maka dapat dikatakan bahwa kinerja Humas adalah kinerja yang dituntut untuk terus adaptif dan responsif terhadap perkembangan yang ada.

Seperti arahan bapak Presiden Joko Widodo, kebijakan gas dan rem perlu untuk terus dikedepankan,” tuturnya.

Jika di awal Pandemi Covid-19, kita menggabungkan pentingnya disiplin Protokol Kesehatan, maka di saat program vaksinasi Covid-19 dimulai kita mengarahkan komunikasi publik untuk mendorong program vaksinasi nasional.

Pun disaat kasus Covid-19 mulai membaik seperti sekarang ini, kita mulai memantik program pemulihan ekonomi dan pemulihan aktivitas masyarakat secara umum dengan tetap menerapkan disiplin Protokol Kesehatan.

Ia menambahkan bahwa, komunikasi publik dan Humas pemerintah menjadi instrumen vital untuk mendiseminasikan informasi kebijakan serta program-program pemerintah dalam menangani Covid-19 secara cepat juga secara efektif.

Dari sisi substansi data dan informasi yang faktual menjadi semakin essential untuk menjaga kepercayaan publik terlebih di era disrupsi informasi seperti saat ini.

“Presiden joko Widodo menyampaikan betapa pentingnya wise journalism bagi para jurnalis dalam mewartakan kabar-kabar terkini, terlebih yang berkaitan dengan Covid-19.

Hal yang sama juga dapat kita terapkan terhadap upaya komunikasi publik dan kehumasan kita, agar tidak hanya sebatas mengungkapkan fakta, tetapi juga senantiasa memperhitungkan dampak serta membangun humanisme dari informasi yang dipublikasikan,” bebernya.

Menurutnya, komunikasi publik dan kehumasan pemerintah juga harus mampu untuk terus berinovasi agar konten-konten yang dirilis dapat menjangkau cakupan masyarakat yang lebih luas dengan demografi yang lebih beragam.

Selain dari substansi, produksi maupun diseminasi konten dituntut untuk semakin kreatif di tengah keberagaman karakter dan kebutuhan masyarakat kita.

Mulai dari BB Bumas, generasi X, generasi milenial, generasi z, hingga post generasi Z.

“Kita tidak bisa lagi hanya membuat rubrik di media cetak konvensional, namun juga menciptakan konten kreatif berbasis digital seperti video, infografis, podcast, hingga virtual reality di channel komunikasi public, baik media mainstream, media sosial, hingga media online, E-marketer dan E-insider intelligent tahun 2020 dengan semakin beragamnya kelompok sasaran tersebut, maka semakin besar pula ruang kreativitas bagi rekan-rekan Humas dalam berkarya,” cetus Menkominfo RI.

Johnny G Plate berharap ajang Anugerah Media Humas tahun 2021 diharapkan dapat menjadi wadah untuk berkompetisi secara positif di antara insan Humas sekalian.

Saya ucapkan selamat bagi para pemenang di Anugerah Media Humas tahun 2021 malam ini.

“Terus semangat untuk para nominator dan insan Humas pemerintah dalam menciptakan karya-karya kreatif pranata Humas.

Mari terus memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam praktik kehumasan menuju Indonesia makin digital, makin maju,” tukasnya.

Selanjutnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, R. Irwan Purnawan setelah menerima penghargaan AMH 2021 mengatakan bahwa syukur Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Bogor mendapat penghargaan terbaik ketiga Anugerah Media Humas tahun 2021 kategori Siaran Pers Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

“Sudah barang tentu penghargaan predikat ini menjadi semangat kita, spirit kita bersama untuk meningkatkan kualitas siaran pers dan juga media online yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk terus dikembangkan, mudah-mudahan di tahun depan akan lebih baik lagi.

Terakhir, selamat dan terima kasih kepada Tim Komunikasi Publik atas capaian prestasi ini. (Deddy Karim)