Google Doodle Rayakan Pelopor Jurnalis Indonesia Roehana Koeddoes

oleh -74.579 views
Google Doodle Rayakan Pelopor Jurnalis Indonesia Roehana Koeddoes

Jakarta I Realitas – Google Doodle hari ini, merayakan pelopor jurnalis Indonesia Roehana Koeddoes. Pada tanggal ini, tahun 2019 lalu pemerinta Indonesia memberikan gelar pahlawan nasional seperti di lansir pada, Senin (8/11/2021).

Roehana Koeddoes adalah wartawati pertama Indonesia. Pada 1911, Ruhana mendirikan sekolah Kerajinan Amai Setia di Koto Gadang. Sembari aktif di bidang pendidikan yang disenanginya, Ruhana menulis di surat kabar perempuan, Poetri Hindia.

Roehana Koeddoes adalah jurnalis Muslimah pertama di Minangkabau. Pemilik nama asli Siti Roehana ini lahir pada 20 Desember 1884. 

BACA JUGA :   Polda Jambi Kirim Ratusan Personel BKO ke Papua

Ia adalah putri dari Moehamad Rasjad Maharadja Soetan, saudara sebapak dengan Sutan Sjahrir. Ia tumbuh pada era dan lingkungan yang tidak mendukung perempuan berpendidikan, baik formal maupun informal.

Ia dikenal sebagai jurnalis wanita pertama yang mendobrak nilai-nilai yang mengekang perempuan pada masa itu. Terutama, dari sisi pendidikan dan akses pekerjaan.

Semasa hidupnya, Roehana telah menciptakan berbagai tulisan yang mengabadikan keresahannya atas nasib perempuan kala itu. Meskipun, sejak kecil ia selalu mendapatkan kebutuhan dirinya dengan layak, mengingat ia terlahir dalam keluarga yang terpandang saat itu.

BACA JUGA :   KPK Tetapkan Bupati Sidoarjo Sebagai Tersangka Dugaan Korupsi

Ayahandanya memiliki beragam buku, majalah, dan surat kabar. Dan, dengan izin dari ayahnya, Roehana pun membaca semua koleksi ayahnya. Keluarganya juga tidak membeda-bedakan pendidikan untuk anak laki-laki dan perempuan. Roehana tumbuh menjadi sosok Muslimah yang terpelajar. (r/red)