Diduga KKB Serang Rombongan Pejabat, 69 Orang Tewas

oleh -181.579 views
Diduga KKB Serang Rombongan Pejabat, 69 Orang Tewas

Papua I Realitas – Diduga Kelompok kriminal bersenjata (KKB) serang daerah terpencil di Niger pada hari, Selasa (2/11/2021) hingga menewaskan 69 orang termasuk seorang wali kota.

Diketahui sebuah rombongan pejabat dipimpin Wali Kota Banibangou disergap oleh Kelompok kriminal bersenjata (KKB) dekat perbatasan dengan Mali.

Daerah itu dikuasai gerilyawan yang terkait dengan kelompok afiliasi ISIS.

Menteri Dalam Negeri Niger Alkache Alhada, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (5/11/2021), mengatakan, operasi pencarian masih dilakukan sampai saat ini dan menemukan 15 orang anggota rombongan dalam kondisi selamat.

Kemudian sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab.

Kelompok militan sering menyerang pejabat lokal Niger, termasuk wali kota, kepala desa, dan tokoh agama untuk menimbulkan suasana tidak aman kepada masyarakat.

Ratusan pejabat lokal dibunuh atau diculik sejak awal 2018.

Tertembak Zona gersang dan miskin di Afrika Barat meliputi perbatasan Niger, Mali, dan Burkina Faso, berada dalam situasi kekerasan dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa kelompok bersenjata berusaha memegang kendali atas masyarakat serta melepaskan wilayah tersebut dari kekuatan militer lokal dan internasional.

Ribuan warga sipil tewas dan jutaan mengungsi.

Kelompok-kelompok bersenjata telah membunuh lebih dari 530 orang dalam serangan terhadap warga sipil di wilayah perbatasan barat daya Niger tahun ini.

Jumlah serangan itu lima kali lipat lebih banyak daripada 2020. (red/inews)