IKLAN YARA

Apa Itu Jailbreak Pada Iphone/Perangkat Elektronik Lain? Ini Jawabannya

oleh -32.489 views
Apa Itu Jailbreak Pada Iphone/Perangkat Elektronik Lain? Ini Jawabannya
UPDATE CORONA

Apa itu Jailbreak, bagi kamu yang menggunakan ponsel iPhone, tentu saja sudah tidak asing dengan istilah jailbreak.

Ya, banyak yang mengatakan jika jailbreak tersebut mampu memberikan banyak kelebihan seperti tambahan fitur. Akan tetapi, apakah kamu sudah benar-benar tahu dan paham tentang apa itu jailbreak?

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas berbagai macam informasi terkait dengan jailbreak yang khususnya dilakukan pada perangkat iPhone dan iPad.

Jadi sebelum kamu melakukannya, simak dan pahami terlebih dahulu informasi yang ada di bawah ini.

Apa Itu Jailbreak?

Apa Itu Jailbreak

Jailbreak merupakan sebuah teknik yang akan memberikan kebebasan secara lebih pada perangkat iPhone dan juga iPad kamu.

Sesuai dengan namanya, jailbreak ini diibaratkan seperti merusak penjara dan akan mengatasi penggunaan ponsel iOS yang terkesan kaku dan ada banyak batasan.

Dengan jailbreak ini, maka kamu bisa mendapatkan kendali secara penuh pada perangkat iPad dan iPhone misalnya saja seperti tambahan fitur, tema, tweak, dan masih banyak lagi. Bahkan kamu juga bisa merasakan banyak fitur yang belum dirilis secara resmi untuk iOS.

Contoh yang paling sederhana yakni untuk tema iOS. Seperti yang telah diketahui, bahwa para pengguna iPhone dan iPad tidak memiliki opsi untuk mengganti atau mengubah tema bawaan di dalamnya. Untuk mengubah tampilan, kamu hanya bisa sebatas mengganti wallpaper-nya saja.

Namun dengan jailbreak ini, makan kamu dapat menikmati berbagai macam tweak dan juga menggunakan banyak tema yang sebelumnya tidak pernah kamu temui pada iOS tanpa jailbreak. Pastinya ini adalah hal yang tidak semua pengguna iOS bisa rasakan.

Tema memang tidak tersedia di App Store, karena developer aplikasi tidak memiliki izin untuk membuat aplikasi yang bersifat mengubah sistem terlalu jauh. Jadi wajar saja jika di App Store koleksi aplikasi ada di dalamnya tidak selengkap Google Play Store.

Jenis Jailbreak

Jika dilihat secara global, ada dua jenis jailbreak yang bisa digunakan oleh para pengguna perangkat iOS dalam membuka akses ke fitur-fitur yang terdapat pada sistem operasinya. Kedua jenis dari jailbreak tersebut yakni jailbreak untethered dan jailbreak tethered.

Secara garis besar, jailbreak untethered adalah proses jailbreak yang bisa dilakukan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer. Sedangkan untuk jailbreak tethered itu sebaliknya, yaitu prosesnya dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer.

Jailbreak itu Gratis Apa Berbayar?

Jailbreak itu Gratis Apa Berbayar

Sebenarnya jailbreak ini dapat kamu lakukan secara gratis atau tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, namun dengan syarat jika kamu melakukannya sendiri atau meminta bantuan teman. Akan tetapi jika kamu menggunakan jasa, biasanya akan dikenakan harga berkisar 100 hingga 200 rupiah.

Tentu saja kamu tidak perlu membayar jika melakukan jailbreak pada perangkat iOS-mu sendiri. Terlebih lagi, tool yang digunakan untuk jailbreak ini bisa kamu download secara gratis. Namun tentu saja setiap resiko dari jail break ini, juga akan kamu tanggung sendiri.

Apa Jailbreak bisa Download Aplikasi Crack?

Apa Jailbreak bisa Download Aplikasi Crack

Mungkin kamu berpikir, setelah melakukan jailbreak maka dapat download dan aplikasi crack secara gratis di perangkat iOS yang digunakan. Entah itu bisa atau tidak, namun tujuan melakukan jailbreak ini sebenarnya bukan untuk menginstall aplikasi dengan crack gratis secara ilegal.

Jailbreak sendiri, memiliki tujuan untuk memberikan kebebasan atas setiap keterbatasan yang ada pada sistem iOS. Sistem iOS dijaga ketat oleh Apple, sehingga akan sangat sulit bagi para developer untuk membuat aplikasi semacam launcher, tweak, tema, dan lain-lain.

Jika kamu memang tahu caranya, proses untuk jailbreak ini sebenarnya gratis. Tool atau alat yang digunakan untuk jailbreak juga bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Namun, did alam tool jailbreak ada sebuah Store yang menyediakan aplikasi untuk menambah fitur, tweak, dan lain sebagainya.

Lalu apa aplikasi tweak jailbreak itu gratis? Kebanyakan aplikasi jailbreak keren yang dijual pada Cydia Strore tidak gratis, alias berbayar. Tentu saja ini sangat wajar, karena proses jailbreak memang tidak mudah. Jadi meskipun proses jailbreak-nya gratis, tapi aplikasi tweak bisa saja berbayar.

Apa Kelebihan Jailbreak?

Apa Kelebihan Jailbreak

Jailbreak ini memiliki kelebihan berupa penambahan berbagai macam fitur baru ke dalam perangkat iPad dan iPhone milikmu. Kamu akan melihat beragam fitur, yang sebelumnya tidak bisa ditemukan pada perangkat iOS tanpa jailbreak.

Salah satu contoh yang paling jelas, adalah para pengguna bisa mengubah tema pada iOS. Ini adalah hal yang tidak bisa dilakukan oleh para pengguna iPad dan iPhone tanpa jailbreak. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tweak untuk meningkatkan kemampuan pada sistem iOS.

Apa Kekurangan Jailbreak?

Apa Kekurangan Jailbreak

Jika kamu bertanya apakah jailbreak itu ilegal, maka jawabannya ada iya. Menurut pihak Apple sendiri, jailbreak ini adalah perbuatan yang akan melanggar berbagai macam ketentuan. Hal ini berarti akan ada beberapa ketentuan seperti jaminan dan garansi yang hilang.

Apa iPhone Perlu Jailbreak?

Apa iPhone Perlu Jailbreak

Untuk pertanyaan yang satu ini, hanya kamu sendiri selaku pengguna yang bisa menjawabnya. Apakah kamu memang suka mengoprek ponsel yang digunakan, misalnya saja seperti root pada Android? Atau kamu adalah pengguna yang lebih menyukai cara penggunaan perangkat yang aman?

Jika kamu masih bingung, maka disarankan untuk tidak melakukan jailbreak dan lebih memilih untuk cara yang aman saja. Selagi fungsi utama dari iOS masih bisa bekerja dengan semestinya, kamu tidak perlu melakukan berbagai macam hal yang justru akan mengancam keamanan dari perangkat tersebut.

Ya, memang tampilan iOS yang itu-itu saja terasa sedikit membosankan, namun memang seperti itulah iOS. Ini bukanlah hal baru, dan memang sudah menjadi salah satu resiko pengguna iPhone dan iPad, terbatas dalam melakukan kustomisasi.

Apa Resiko Jailbreak?

Apa Resiko Jailbreak

Sama halnya seperti proses root pada ponsel Android, jailbreak ini juga mempunyai beberapa resiko yang harus kamu pertimbangkan dengan matang sebelum melakukannya. Hal ini karena jailbreak ibarat akan mengubah beberapa sistem pada iOS.

Walaupun secara hukum di beberapa wilayah proses jailbreak ini legal, namun klaim garansi yang diberikan oleh Apple secara resmi tetap akan hilang. Jadi apabila perangkat yang kamu gunakan rusak, Apple tetap tidak akan melakukan perbaikan secara gratis walau masih dalam masa garansi.

Proses jailbreak dan juga pengembalian keadaan sebelum jailbreak yang disebut dengan un-jailbreak, juga memiliki resiko yang dapat menyebabkan kerusakan di perangkat apabila terjadi kesalahan pada saat proses melakukannya.

Tidak hanya itu, proses yang satu ini juga akan melemahkan sistem proteksi yang sudah disematkan oleh pihak Apple sendiri. Jadi ada kemungkinan orang tidak bertanggung jawab, yang akan mencuri dan menyerang data-data pribadi kamu seperti dokumen penting, kontak, dan lain sebagainya.

Setelah membaca penjelasan yang ada di atas, kini kamu sudah tahu dan paham kan

Source