ALSA LC UNSOED Gelar Webinar Hukum Dengan Tema Kedaulatan Laut

oleh -187.579 views
ALSA LC UNSOED Gelar Webinar Hukum Dengan Tema Kedaulatan Laut
ALSA LC UNSOED Gelar Webinar Hukum Dengan Tema Kedaulatan Laut

Bogor I Realitas -Indonesia adalah negara kepulauan, kondisi geografis Indonesia yang luas menghadirkan banyak potensi sumber daya yang bisa digali dan dijaga. Seperti yang digaung-gaungkan presiden bahwa untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dilandasi dengan lima pilar utama. Namun terlepas dari itu masih banyak tantangan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita kedaulatan tersebut, diantaranya adalah pemberantasan illegal fishing, pelanggaran wilayah laut Indonesia oleh kapal asing dan lain sebagainya.

Berangkat dari kondisi ini maka ALSA Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman hadir dalam kegiatan Seminar and ALSA Collaboration (SEALCO) 2021 yang diisi oleh para pembicara yang berkompeten dibidangnya, yaitu ada Dr. Aryuni Yuliantiningsih, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman); Ir. Suharyanto, M.Sc. (Direktur Perencanaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan); dan Laksma TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H. (Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut) dengan acara seminar yang berjudul “Menjaga Kedaulatan Di Laut Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

“Acara ini ditujukan untuk mahasiswa dan juga kalangan umum yang ingin mempelajari tentang aspek-aspek hukum laut dan kedaulatan laut Indonesia, tidak hanya itu kami juga membahas dari aspek ruang laut, infrastruktur laut dalam menopang cita-cita sebagai poros maritim dunia tersebut.” ujar Arian Nathan (Mahasiswa Fakultas Hukum UNSOED)

Lebih lanjut, Arian berpesan bahwa acara ini merupakan salah satu wujud yang bisa kami berikan untuk merepresentasikan ilmu yang kami peroleh di kampus demi kepentingan bangsa kedepannya, terkhusus masyarakat itu sendiri, terkhusus pada persoalan hukum di wilayah laut Indonesia. Maka dari itu, silahkan untuk ikut bergabung dan berpartisipasi dalam acara kami ini, daftarkan diri anda segera melalui bit.ly/SEALCO2021 atau hubungi Earlyanne Andrea Sarosa (085730913556)./ Manuel Desesko Pistaris (081882808935). ALSA, Always Be One.  (Deddy Karim)