IKLAN YARA

Pembahasan RUU PDP Belum Mencapai Titik Temu

oleh -14.489 views
Pembahasan RUU PDP Belum Mencapai Titik Temu
Foto : Ilustrasi
UPDATE CORONA

MEDIAREALITAS.COM – Pembahasan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) belum mencapai titik temu, salah satunya soal otoritas pengawas perlindungan data pribadi.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memutuskan untuk memperpanjang waktu pembahasan UU PDP.

Pasalnya, posisi otoritas pengawas perlindungan data pribadi belum disepakati, apakah tergantung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Presiden atau independen.

Lembaga Studi dan Pembelaan Masyarakat (Elsam) menekankan dalam konteks ini bahwa adalah baik bahwa otoritas pengawas untuk perlindungan data pribadi bersifat independen.

“Kalau otoritas pengawasan perlindungan data pribadi itu bagian dari pemerintah, pemerintah saat ini juga sedang mengumpulkan data pribadi, seperti Kementerian Kesehatan dengan eHAC,” kata Direktur Eksekutif Elsam Wahyudi Djafar, Rabu (10 Juni/ 2021).

Selanjutnya, fasilitas tersebut tidak akan berfungsi secara efektif ketika otoritas pengawasan perlindungan data pribadi bergantung pada pemerintah atau Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Perlu dicatat bahwa undang-undang PDP ini mengikat pemerintah dan swasta,” katanya.

Wahyudi mengatakan, pertanyaan tentang posisi otoritas pengawas perlindungan data pribadi dapat ditanyakan dengan menggunakan berbagai formula dari lembaga independen yang ada seperti ombudsman, KPK, Bawaslu, KPPU, dan Komnas HAM.

“Petunjuknya sudah ada, tinggal bagaimana pemerintah dan FREP bisa duduk bersama dan kemudian mengidentifikasi otoritas pengawas yang tepat untuk perlindungan data pribadi di Indonesia dengan mengacu pada lembaga independen yang ada,” pungkasnya. (*)

Sumber : dtc