IKLAN YARA

Paiman Raharjo Tokoh Inspiratif Generasi Muda Indonesia

oleh -163.489 views
Paiman Raharjo Tokoh Inspiratif Generasi Muda Indonesia
Paiman Raharjo Tokoh Inspiratif Generasi Muda Indonesia
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Kisah tukang sapu yang sukses menjadi Profesor dan Miliuner sungguh menginspirasi generasi muda Indonesia.

Hal ini disampaikan Dr. Muhammad Farid, P.hD Dosen Universitas Negeri Makasar pada acara seminar kewirausahaan pemuda yang diselenggarakan atas kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan Universitas Negeri Makasar.

Menurut Muhammad Farid, bahwa sosok satu ini layak dinobatkan sebagai tokoh inspiratif pemuda saat ini. Beliau adalah Prof.Dr.H.Paiman Raharjo, M.Si,M.M yang memulai kariernya sebagai tukang sapu, dan kini sukses menjadi Profesor dan pengusaha properti dengan nilai aset ratusan milyard rupiah.

BACA JUGA :   Kapolri Tinjau Vaksinasi di Lapangan THOR Darmo Surabaya

Sungguh patut dicontoh sepak terjang Paiman raharjo ini, seorang pemuda yang lahir dari keluarga miskin tapi dengan kegigihannya berhasil mengubah hidupnya menjadi sukses. Dalam paparan dihadapan mahasiswa Universitas Negeri Makasar dengan peserta ± 1.000 orang, Paiman membuat tercengang para peserta webinar kewirausahaan pemuda.

“Beliau pernah jatuh bangun dalam berwirausaha, bahkan sempat putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya lantaran usaha warung padangnya mengalami kebakaran sehingga bangkrut. Namun dengan kegigihannya sebagai seorang wirausaha muda, Paiman bangkit dan pantang menyerah, dengan memulai usaha foto copy, jasa pengetikan dan percetakan. Di samping menjalani usaha tersebut, Paiman juga banyak membantu orang lain untuk bisa memiliki penghasilan, yakni memberikan permodalan bagi wirausaha pemula untuk membuka usaha warung rokok hingga 50 unit gerobak, nasi kucing wedang jahe, keripik kulit pisang, ternak sapi dan kini sebaga pengusaha properti yang memiliki villa/ penginapan dan kos kosan di berbagai tempat.

BACA JUGA :   Puan Harap Pansel KPU dan Bawaslu Kirim Calon Terbaik ke DPR

Di sela-sela menjalani usahanya, Paiman juga menekuni sebagai dosen dan sukses meraih jenjang kepangkatan akademik tertinggi yakni Guru Besar atau Profesor. Sungguh tidak mudah dan tidak sembarang orang bisa sukses sekaligus dalam 2 bidang ” sukses bidang akademik dan sukses dalam berwirausaha”, jelas Farid.

BACA JUGA :   Terkait Dugaan Suap, Bupati Muba dan Lima ASN Ditangkap KPK

Menutup perbincangannya , Farid mengatakan ada kata motivasi yang bisa diambil dalam seminar ini ” Orang sukses bisa diraih oleh siapa saja, orang sukses bukan hanya milik orang yang punya modal besar, punya bakat atau keturunan orang kaya, tetapi kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja yang mau memulai usaha, kerja keras, pantang menyerah, selalu berdoa dan gemar bersedekah”, tegas Farid yang ingin mengikuti jejak Paiman untuk bisa menjadi Profesor/guru besar. (dod)